oleh

Polisi Perketat Pengawasan Truk

**Kembali Melintas

CIMANGGUNG – Komisi A DPRD Kabupaten Sumedang minta Pol PP untuk menindak tegas truk yang melanggar aturan. Seperti dikatakan Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sumedang, Dudi Supardi, yang mempertanyakan adanya sejumlah truk pengangkut tanah yang melintas dijalan Parakanmuncang menuju arah Cimanggung.

Padahal, Dudi menyatakan, jika sebelumnya truk-truk tersebut telah diberhentikan oleh Satpol PP Kabupaten Sumedang karena melanggar aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Iya, kemarin saya melihat langsung truk-truk pengangkut tanah berjalan lagi di Parakanmuncang.
Padahal itu kan beberapa waktu lalu diberhentikan oleh satpol PP,” kata Dudi kepada Sumedang Ekspres, Selasa (30/5).

Dengan adanya kejadian tersebut, Dudi menilai terdapat adanya kelalaian dari berbagai pihak. Baik itu instansi terkait maupun pengusaha itu sendiri.

“Ya kemungkinan bisa saja ada kongkalingkong, atau memang pengusahanya yang nekat,” ujarnya.
Dudi menegaskan, seharusnya Satpol PP bisa bertindak tegas. Karena, lanjutnya, pertama membuat kemacetan dan yang lainnya membuat jalan semakin rusak.

“Ijin boleh dikeluarkan, setelah ada komitmen dari pengusaha untuk nantinya mau melakukan perbaikan jalan,” sebut Dudi.

Sementara itu, Komisi A DPRD Kabupaten Sumedang, akan segera mengambil langkah untuk berkomunikasi dengan Satpol PP. “Kami akan selalu mengingatkan kepada Satpoll PP untuk selalu menegakan aturan. Ini baru saya pantau di lapangan insyaa Alloh besok kami laporkan. Dan kita akan coba rapat koordinasikan,” tuturnya.

Sementara itu, guna mengurai kemacetan di Jalan Raya Parakanmucang, Polsek Cimanggung akan berlakukan larangan pola waktu itu pagi mulai pukul 06.00-08.00 WIB sedangkan sore harinya pukul 16.00-18.00 WIB. Namun pola waktu tersebut hanya berlaku pada jam-jam tertentu saja sehingga diluar jam tersebut kemacetan tetap terjadi.

“Jam-jam tersebut merupakan jam sibuk jalan Parakanmuncang sehingga tidak diperbolehkan dum truk maupun bus masuk. Meskipun begitu ada terjadi kepadatan kendaraan karena menjelang buka puasa saja,” terang Kanit Lantas Polsek Cimanggung, IPTU Z. U Mamonto kepada Sumeks, kemarin.

Untuk mengatur arus kendaraan, pada jam tertentu atau jam padat ada petugas yang ditempatkan dilapangan. Sebaiknya para pengendara itu mengikuti aturan agar jalan Parakanmuncang terbebas dari kemacetan. Pada sore hari merupakan jam sibuk pulang para pekerja.

“Bahkan saat bulan puasa ini banyak warga yang sengaja keluar rumah untuk ngabuburit sehingga jalanan
jadi sedikit padat,” tuturnya.

Pihaknya juga tidak memungkiri kalan Jalan Parakanmuncang banyak dilalui kendaraan besar baik kendaraan proyek maupun kendaraan umum lainya. Akibatnya suasana jalan semakin padat saja apalagi menjelang sore harinya. (bay/kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed