oleh

Pasca Libur, Pemohon KTP Melonjak

KOTA – Setelah libur lebaran, pemohon administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sumedang, membludak. Kebanyakan yang datang, merupakan pemohon Kartu Tanda penduduk (KTP), sedangkan sebagian lainnya pemohon Kartu Keluarga (KK) serta akte kelahiran.

Menurut Kepala Bidang Informasi Kependudukan, Agus Beni Triaji mengungkapkan, situasi seperti ini sudah diprediksi sebelumnya. Petugas operator perekaman dan staf administrasi, bahkan sudah mempersiapkan segala kemungkinan. Salah satunya, dengan menyiagakan unit alat perekam KTP yang sudah dicek agar ketika digunakan berjalan dengan baik.

“Dibanding hari biasa, lonjakan pemohon administrasi kependudukan mencapai 20 hingga 30 persen,” kata Agus, Senin (3/7).

Ia menuturkan, jika hari biasa jumlah pemohon KTP hanya berkisar 100 hingga 150 orang, namun pada hari pertama pasca libur lebaran ini, hampir tengah hari jumlahnya mencapai 200 hingga 250 pemohon. Kebanyakan pendaftar merupakan pemohon baru untuk melakukan perekaman, pemotretan, serta pemindaian iris mata. Namun ada juga yang melakukan perubahan data status atau alamat di KTP.

“Untuk KTP perubahan sudah banyak terlayani melalui layanan keliling yang rutin dilaksanakan ke wilayah-wilayah,” tandasnya.

Diakui Agus, jika dibanding tahun sebelumnya, lonjakan pemohon administrasi kependudukan pasca libur lebaran tahun ini, sebenarnya lebih sedikit. Tahun lalu pada hari yang sama, lonjakan mencapai 70 hingga 75 persen. Kendati demikian, pihaknya tetap memberikan standar pelayanan prima agar pemohon tidak terbengkelai. Apalagi banyak diantara mereka yang menunggu proses pengurusan rampung sebelum kembali ke perantauan.

“Meskipun ada lonjakan, kami tetap harus memberikan pelayanan yang prima,” tukasnya. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed