oleh

Bangunan Gedung Harus Bersertifikat PERDA BARU

KOTA – Semua gedung dan bangunan di Kabupaten Sumedang, terutama yang menjadi tempat publik, wajib memiliki Sertifikat Layak Fungsi (SLF) untuk keandalan secara teknis dan fungsi bangunan. Hal tersebut, untuk menjamin keamanan bagi masyarakat yang berada di gedung atau bangunan tersebut.

Pemerintah kabupaten sudah mengaturnya dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Bangunan Gedung. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, melalui Kepala Bidang Tata Bangunan, M Tatang, menjelaskan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib, baik secara administrasi maupun secara teknis, maka setiap daerah kini mengharuskan adanya SLF.

“Karena sertifikat ini akan menentukan layak tidaknya bangunan ini untuk dipakai atau tidak,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (4/7). Dijelaskan, sertifikat yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), baik sertifikat SLF awal maupun sertifikat perpanjangan, untuk menyatakan kelayakan fungsi suatu banguann gedung.

Baik secara administrasi maupun teknis, sebelum pemanfaatannya sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 25 tahun 2007 dan Perda Kabupaten Sumedang Nomer 8 tahun 2017. “Karena jika sebelumnya pemilik bangunan gedung hanya diwajibkan memilki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka mulai tahun 2017 ini pemilik banguan gedung di Sumedang juga wajib melengkapinya dengan SLF. Baik untuk bangunan gedung yang telah digunakan dan dimanfaatkan,” paparnya.

SLF ini, lanjutnya, dipakai sebagai bukti kepastian atau jaminan dari kondisi bangunan gedung yang layak, selamat, dan aman dimanfaatkan pemilik dan pengguna bangunan gedung. Untuk klasifikasi bangunan gedung hunian rumah tinggal tunggal dan rumah deret sederhana, SLF-nya berlaku selamanya. Bangunan gedung hunian rumah tinggal tunggal dan rumah deret sederhana dengan ketinggian dua lantai berlaku selama 20 tahun.

Bangunan gedung hunian rumah tinggal tidak sederhana dengan ketinggian lebih dari 2 lantai, berlaku selama lima tahun dan bangunan gedung untuk kepentingan umum berlaku selama 5 tahun. “SLF ini berlaku sesuai dengan fungsi bangunan gedung yang dibangun di Sumedang,” tukasnya. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed