oleh

Sigap Hadapi Bencana

KOTA – Upaya meningkatkan kapasitas tim penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, akan menggelar latihan dasar di Gunung Papandayan Garut, Jawa Barat, pada Rabu-Kamis (5-6/7). Kegiatan yang diikuti sejumlah relawan itu, meliputi latihan dasar, navigasi darat, evakuasi di medan vertikal resqiu, pertolongan pertama gawat darurat dan lainnya.

“Walau pun tidak ada bencana, tetapi kita selalu siap siaga dengan salah satunya melakukan pelatihan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang, Yedi, Selasa (4/7).

Pemilihan lokasi di Gunung Papandayan, untuk mencari medan baru yang lebih menantang. Menurutnya, bencana alam di mana saja bisa terjadi. “Ketika terjadi bencana, kita sudah siap dengan medan seperti apapun,” tuturnya. Berbicara tentang kesiapan, selain keterampilan yang mereka miliki, fisik dan stamina selalu dijaga.”Kapan pun terjadi bencana, mereka siap beraksi untuk memberikan pertolongan kepada korban,” ucapnya.

Bukan hanya saja di luar kabupaten, latihan di wilayah Sumedang pun, secara berkala dilakukannya. “Ada sejumlah wilayah di Sumedang yang sering digunakan untuk latihan. Seperti di Cigugur,” katanya.

Untuk jadwal latihan seperti saat ini, ia mengaku tidak menggunakan anggaran dari pemerintah, melainkan menggunakan dana seadanya. “Kami pun melakukan pelatihan ini atas dasar keinginan sendiri. Kami tidak selalu mengandalkan anggaran pemerintah,” ucapnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed