oleh

Posyandu Cendrawasih 18 Diresmikan

JATINANGOR – Kantor Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Cendrawasih XVIII di RW 18, Dusun Kampung Baru, Desa Cipacing, diresmikan, Kamis (6/7). Peresmian dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cipacing, Yanti Hermawati, Ketua Posyandu Cendrawasih Yuyun M serta Kepala Dusun 3 Entis Sutisna.

Dalam sambutannya Ketua Posyandu Cendrawasih XVIII Yuyun Mintarsih mengatakan peresmian Posyandu itu berasal dari anggaran dana desa (ADD) tahap dua desa Cipacing dengan nilai Rp 20 juta. “Alhamdulilah sekarang kader Posyandu RW 18 sudah memiliki kantor. Sebelumnya kantor Posyandu berada di depan rumah saya yang kondisinya sempit. Kadang tidak muat untuk melayani sekitar 100an ibu hamil dan menyusui,” katanya.

Dikatakan Yuyun, untuk menyiasati pelayanan pengurus Posyandu meminjam rumah warga (kader) untuk dijadikan kantor pelayanan. Bahkan dilakukan bergilir. “Sekarang alhamdulilah berkat adanya dana desa pelayanan posyandu menjadi nyaman dan refresentatif,” katanya.

Kepala Dusun 3, Entis Sutisna mengatakan posyandu itu dibangun di atas lahan seluas 8×5 meter. Dengan sistem ruangan terbuka agar bisa dipakai oleh kegiatan RW. “Sekarang ruanganya terbuka jadi bisa serbaguna. Misal untuk rapat RW, ruang publik, dipakai solat taraweh atau Jumatan, dan penyembelihan hewan kurban pada saat Idul Adha,” katanya.

Entis menambahkan, saat ini warga di RW 18 tercatat ada 250 an. Yang mana kantor pelayanan posyandu sangat dibutuhkan warga mengingat ke kantor Puskesmas dan Poskesdes sangat jauh. ” Dengan adanya kantor Posyandu warga jadi dekat bila ingin menimbang bayi atau memeriksa kesehatannya,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cipacing, Yanti Hermawati mengatakan dengan adanya kantor Posyandu itu diharapkan tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu dan anak bisa meningkat. “Silahkan gunakan kantor posyandu itu sebaik mungkin. Pihak desa hanya mendorong dalam penyediaan anggaran. Selanjutnya perawatan dan pemeliharaan diserahkan ke pengurus Posyandu masing-masing,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed