oleh

Sukajadi Cetak Lahan Sawah Baru

SUMEDANG – Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, menyodorkan tanah yang layak untuk dijadikan lahan sawah baru. Kondisi itu mengingat adanya Waduk Jatigede yang banyak menenggelamkan lahan sawah yang produktif di beberapa desa dan kecamatan.

Oleh karena itu, pemerintah desa berupaya untuk membuat lahan sawah baru di wilayah desanya. Kepala Desa Sukajadi, Dede Suhedar menyebutkan, bahwa di wilayah desanya itu ada lahan yang dinilai bisa dijadikan lahan sawah baru yang produktif. Tinggal dilengkapi oleh sarana penunjangnya saja seperti saluran irigasi dan sebagainya.

“Semakin terkikisnya lahan pesawahan dikhawatirkan akan melemahkan kebutuhan pangan di Sumedang. Oleh sebab itu harus ada cetak lahan sawah baru. Di desa kita ini ada lokasi yang cukup ideal di blok Cisadap, Dusun Sirnasari, tinggal dilakukan pengecekan saja oleh pihak terkait,” kata dia.

Dia menyebutkan, untuk membuka lahan sawah baru, jelas harus ada ikut campur tangan dari pihak terkait. Misal dari mulai pengkajian sampai pembukaan lahannya. Hal itu akan membantu para petani untuk menambah lagi lahan garapannya.

“Harus ada kerjasama antar pihak desa dengan intansi terkaitnya,” ucapnya. Saat ini, pihak desa juga tengah gencar melakukan perbaikan-perbaikan saluran irigasi untuk membantu dan memudahkan para petani dalam menggarap lahan sawahnya. Sampai bisa menghasilkan hasil tani yang maksimal.

“Kita juga saat ini tengah gencar memperbaiki saluran irigasi di 8 titik untuk memaksimalkan produktifitas para petani,” ucanya lagi. Dalam hal ini, pemerintah desa akan terus berupaya untuk melengkapi semua infrastruktur yang menjadi penunjang buat pertanian karena dengan begitu perekonomian masyarakat desa tersebut akan merangkak lebih baik lagi.

“Saya yakin ekonomi masyarakat disini bisa lebih baik lagi kalau penunjang pertanian bisa dimaksimalkan,” tandasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed