oleh

Anggaran Bantuan Parpol Dinaikan

KOTA – Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Sumedang, Rohayah Atang, mengatakan akan ada rencana penambahan bantuan keuangan untuk Parpol. Hal tersebut tampak tidak berbanding lurus dengan rencana pemerintah daerah Sumedang yang merasionalisasi anggaran untuk Pilkada 2018. Namun demikian, Rohayah menyebutkan jika penambahan tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat, bukanlah pemerintah daerah.

“Baru dibahas di pusat tentang bantuan keuangan Parpol. Yang semula Rp108 per suara, menjadi Rp1000 per suara. Anggarannya itu dari APBN dan APBD,” katanya kepada Sumedang Ekspres, Jumat (7/7). Penambahan anggaran tersebut, menurut Rohayah merupakan kewenangan pusat. Sebagaimana telah diatur dan ditetapkan didalam undang-undang.

“Di undang-undang Parpol itu diamanatkan ada bantuan keuangan untuk partai politik,” sebut Rohayah.
Adapun asal anggaran bantuan tersebut, lanjut Rohayah, semuanya sudah tertera didalam undang-undang partai poltik nomor 2 tahun 2011 tentang perubahan nomor 2 tahun 2008 terkait partai politik. “Disana diatur, salah satunya hak dari Parpol ada bantuan keuangan. Baik itu dari APBN maupun dari APBD,” ujarnya.

Sementara itu, didalam peraturan pemerintah juga turut diatur tentang bantuan keuangan partai politik. Yaitu pada PP nomor 5 tahun 2009 yang di rubah ke PP nomor 83 tahun 2012. “Disana diatur secara rinci, bagaimana keuangan Parpol. Dan sekarang ada kenaikan, artinya itu kebijakan pusat. Dan nanti memang akan berdampak ke APBN dan APBD,” tuturnya.

Rohayah juga menambahkan, yang akan mendapatkan bantuan tersebut, adalah khusus yang mendapatkan kursi di legislatif. Baik itu DPR RI, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed