oleh

BPJS Kesehatan Manjakan Warga Sumedang

KOTA – Upaya pemerintah dalam mempermudah masyarakat untuk menjadi kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dimana untus saat ini, masyarakat dimudahkan dalam hal pendaftaran. Masyarakat, hanya tinggal memasukan formulir pendaftaran ke box yang telah disediakan di kantor kecamatan, atau puskesmas. Maka kepesertaan pun, dapat diproses.

“Calon kepesertaan BPJS Kesehatan, tidak usah jauh-jauh datang ke Kantor BPJS,” kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan BPJS Kesehatan Kabupaten Sumedang, Dwi Erdiana MM disela-sela acara pembekalan PIC drop box di kecamatan dan puskesmas, Rabu (12/7) di Gedung PKK Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, sistem ini dikhususkan bagi peserta pendaftar mandiri. Masyarakat, kata Dwi, cukup melengkapi syarat-satarat menjadi kepesertaan BPJS Kesehtan, lalu dimasukan ke box yang sudah disediakan di tiap kecamatan atau puskesmas.

“Dengan cara seperti ini, masyarakat yang jauh dari Kantor BPJS, tidak usah pergi dan mengantri di Kantor BPJS,” terangnya. Setiap minggu, petugas akan datang ke setiap kecamatan untuk mengambil berkas kepesertaan BPJS yang sudah disiapkan warga.

“Setelah serah terima dengan pihak kecamatan, nanti akan kami proses sebagaimana mestinya,” tutur Dwi.
Setelah selesai diaktivasi selama 14 hari kerja, pihaknya akan mengirimkan surat kepesertaan ke alamat pendaftar, sesuai dengan yang tertera pada KTP.

“Kami akan kirimkan melalui kantor pos ke alamat yang dituju,” terangnya. Dengan cara seperti ini, pihaknya oftimis jika target kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Sumedang akan tercapai.

“Masih ada sekitar 500 ribuan warga Sumedang yang belum menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan,” ucapnya.
Dia menambahkan, target sasaran dari drop box ini bagi mereka yang tergolong mampu, namun malas untuk mendaftar dengan alasan jarak tempuh ke kantor BPJS yang cukup jauh, selain malas mengantri. (nur/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed