oleh

OTD Minta Pengadaan Lahan TPU

DARMARAJA – Warga terdampak genangan Waduk Jatigede yang berpindah ke Desa Tarunajaya, meminta pengadaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU). Sebab, warga eks Desa Cibogo, Kecamatan Darmaraja, memiliki lahan pemakaman umum yang tidak tergenang air waduk dikarenakan berada di dataran tinggi.

Adanya perpindahan penduduk, hampir semua warga memindahkan juga kuburan keluarganya ke pemakaman umum di Blok Ciduging. Dampaknya, lahan pemakaman tersebut semakin menyempit. Bahkan saat ini, sudah tidak ada lagi lahan untuk memakamkan orang meninggal. Oleh sebab itu, warga eks Desa Cibogo berharap adanya pengadaan lahan pemakaman umum yang letaknya masih di Blok Ciduging (wilayah Eks Desa Cibogo).

Salah seorang warga eks Cibogo, Katmaja menerangkan, bahwa warga yang berasal dari Desa Cibogo, bukan tidak mau menggunakan tanah pemakaman yang ada di Desa Tarunajaya. Namun maksud warga, ingin membeli lagi lahan untuk pemakaman di areal eks Desa Cibogo, agar saat ada yang meninggal bisa dimakamkan berdekatan dengan keluarganya, dan saat berjiarah bisa sekaligus di satu lokasi.

“Maksud kami mau tanah pemakaman di wilayah eks Desa Cibogo. Biar kalau jiarah itu bisa sekalian. Lagi pula warga Dusun Ciduging, Desa Tarunajaya, nantinya juga bisa menggunakan tanah tersebut, tidak harus ke TPU di wilayah Dusun Cipaok yang jaraknya cukup jauh dari Dusun Ciduging,” katanya yang diamini warga lainnya, kemarin (13/7).

Terlebih, saat ini ada bantuan dari pemerintah sekitar Rp 250 juta yang berasal dari aset desa-desa yang tergenang (termasuk aset desa Cibogo). Warga meminta, agar uang tersebut dibelikan kepada lahan yang ada di wilayah TPU Blok Ciduging.

“Ada yang mau menjual tanah dan lokasinya berbatasan dengan TPU eks Desa Cibogo, kami berharap uang tersebut dibelikan kepada tanah tersebut,” harapnya. Dikonfirmasi, Kepala Desa Tarunajaya, Eman Sulaeman menyebutkan, kalau memang kemauan masyarakat untuk pengadaan tanah TPU, pihak desa siap untuk mendampinginya.

Namun yang jadi masalah, tanah yang saat ini mau dijual itu, masuk pada wilayah eks Desa Cibogo. Sedangkan sampai saat ini, belum ada peraturan bupati tentang status tanah tersebut. Sebab sisa tanah wilayah genangan seperti Cibogo, Jatibungur dan yang lainnya itu, belum bisa proses jual beli.

“Yang jadi kendala itu belum ada peraturan bupati terkait status tanah tersebut. Namun kami pihak desa, akan mencoba melakukan kordinasi dengan pihak BPMPD,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed