oleh

Jalan Kabupaten Memprihatinkan

WADO – Hampir semua jalan berstatus kabupaten di setiap desa di Kabupaten Sumedang kondisinya memprihatinkan. Sebab, selain anggaran yang minim, pemerintah juga terkesan ‘nganteup’ terhadap kelayakan jalan tersebut. Seperti di Dusun Manabaya, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggun, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, dan Jalan Kabupaten di Desa Cisurat, Kecamatan Wado.

Ruas jalan kabupaten dari wilayah Desa Sukapura sampai wilayah Desa Cisurat, Kecamatan Wado memerlukan perehaban. Sebab jalan tersebut sudah beberapa tahun ini hanya sampai wacana perbaikan saja tanpa ada realisasinya. Dikatakan, Kepala Desa Cisurat, Asep Widiana, jalan kabupaten di wilayah desanya itu sepanjang kurang lebih 1,3 kilo meter sempat masuk dalam rencana pengerjaan dari dana PIK pada tahun 2015. Dengan segment Cisurat- Cigunung (wilayah perbatasan Desa Sukapura dan Cipasang Kecamatan Cibugel).

Namun rencana itu kandas saat ada perubahan pengerjaan yang dialihkan menjadi Sukapura-Cipasang
“Sebenarnya dulu pernah masuk dalam anggaran PIK tapi dialihkan ke titik lain,” ucapnya, saat ditemui di ruangannya, kemarin (14/7). Selanjutnya jalan tersebut kembali dibahas untuk wacana perbaikan pada tahun 2016 yang akan dikerjakan di tahun 2017 bulan Juni. Faktanya sampai saat ini jalan tersebut masih belum ada realisasi pengerjaan apapun.

Dalam hal ini pihak desa menilai dengan tidak adanya realisasi pengerjaan jalan yang sudah jadi pembahasan sangat disayangkan, padahal fungsi dari jalan tersebut sangat berpengaruh besar untuk aktivitas masyarakat desa tersebut.

“Kalau sampai tahun ini tidak juga ada realisasi menurut saya sangat keterlaluan,” ucapnya Padahal, selain untuk aktivitas masyarakat sekitar, jalan kabupaten itu juga menjadi penunjang utama untuk wisata air Waduk Jatigede yang ada di wilayah desa tersebut, seharusnya pihak terkait mendukung potensi wisata yang ada, dimulai dari perbaikan infrastruktur jalan yang ada. “Padahal akses jalan ini juga sebagai penunjang wisata air Waduk Jatigede, dengan terpeliharanya jalan tersebut maka minat wisatawan yang berkunjung akan semakin meningkat juga,” katanya lagi. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed