oleh

PKS GODOK SOSOK EKSTERNAL

KOTA – DPD PKS Kabupaten Sumedang mulai terbuka dengan bakal calon dari eksternal partai. Salah satu yang dilirik, adalah Zaenal Alimin (ZA) yang saat ini menjabat sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Sumedang. Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang Yana Flandriana mengaku, komunikasi politik PKS dengan Zaenal Alimien cukup berbeda dengan yang lainnya. Namun demikian, pihaknya masih mengamati dan menikmati dinamika yang ada.

“Pak Sekda memang bagian dari salah satu tokoh yang kami dekati dan cukup intensif. Tapi, sekali lagi kami menunggu momentum terbaik,”katanya kepada Sumeks, Sabtu (15/7) lalu. Namun, ditegaskan Yana, demi meraih hasil yang sempurna, PKS tidak akan sembarangan memilih calon kandidat yang akan diusungnya. “PKS lebih menginginkan pasangan yang diusung nanti, kombinasi antara yang berlatar belakang eksekutif dengan yang memiliki basis parpol yang cukup. Hal ini, dilandasi karena bagaimanapun juga, roda pemerintahan kita ditopang unsur legislatif, eksekutif dan yudikatif,” ujar Yana.

Yana berpendapat, apabila partai politik menjadi ujung tombak kekuatan di legislatif, maka kepala daerah hendaknya menjadi ujung tombak kekuatan di eksekutif. Semakin efektif ujung tombaknya (legislatif dan eksekutif, red) maka akan semakin baik pengelolaan kekuasaan sesuai kewenangannya.

“Masing-masing kekuasaan tadi (eksekutif dan legislatif, red) memiliki orientasi yang sama. Yaitu, kepuasan masyarakat, walaupun dengan karakter dan tolok ukur yang berbeda. Bila legislatif dilihat dari tolok ukur sejauh mana kepuasan masyarakat terwakili dari aspek kontrol pemerintahan. Sementara, eksekutif lebih kepada unjuk kerja nyata pengelolaan pemerintahan,” paparnya.

Dengan demikian, adanya karakter yang berbeda tersebut, maka kombinasi pasangan kepala daerah dari latar belakang eksekutif dengan parpol, akan menjadi kombinasi pasangan yang mampu memahami peta masalah secara lebih luas. Namun tetap berorientasi kepada kepuasan masyarakat. “Mengenai siapa nama tokoh yang sedang dibidik, kami sedang menunggu momentum terbaik, untuk nantinya bisa kami usung (bersama dengan mitra koalisi). Yang jelas, nantinya nama tersebut, selain harus disepakati di internal PKS, juga harus disepakati dengan mitra koalisi kita, Gerindra,” tuturnya.

Semetara itu, sejumlah kader PKS Daerah Pemilihan IV mengusulkan agar Zaenal Alimin diduetkan bersama Ermi Triaji. Hal itu, terungkap saat kegiatan halal bihalal kader PKS Dapil IV di Hotel Karya Nunggal, Desa Legok Kidul Kecamatan Paseh, Minggu (15/7). Kegiatan halal bihalal itu sendiri diikuti oleh seluruh kader PKS dari Kecamatan Paseh, Conggeang, Ujungjaya, Tomo dan Jatigede.

Seorang Kader PKS dari Kecamatan Conggeang Dede mengatakan, pasangan ZA-Ermi dinilai sangat cocok. Sebab, kata dia, ZA merupakan seorang tokoh yang cukup dikenal dan hafal betul birokrasi di Sumedang. Sementara, sebutnya, Ermi Triaji merupakan tokoh muda dari PKS. “Pasangan itu dinilai cukup cocok. Satu sama lain mempunyai kelebihan masing-masing,” jelas Dede pada perbincangannya, kemarin. (bay/atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed