oleh

Desa Tanjung Peringati Milad ke-111

SURIAN – Pertama kalinya, Pemerintah bersama warga Desa Tanjung Kecamatan Surian menggelar milad. Pada tahun 2017 ini, Desa Tanjung genap berumur 111 tahun. Rangkaian kegiatan Milad Desa Tanjung sendiri dimulai dari tanggal 1 Juli 2017 hingga tanggal 13 Juli 2017. Puncaknya, kegiatan dilakukan di lapangan sepakbola Desa Tanjung dengan kegiatan perlombaan stand kuliner antar-RT dan RW, pembagian hadiah para pemenang lomba serta pementasan wayang golek.

Sebelumnya, dilakukan kegiatan-kegiatan lainnya. Antara lain, ziarah ke makam mantan kepala desa, bakti sosial ke fakir miskin dan mantan kepala desa yang masih ada, serta turnamen bola voli lintas kabupaten. “Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dari sejak tanggal 1 Juli 2017 hingga tanggal 13 Juli 2017. Masyarakat sangat antusias,” ujar Kepala Desa Tanjung Ade Suryaman kepada Sumeks di kantornya, Jumat (14/7).

Menurutnya, suatu kebahagiaan dan kesuksesan apabila suatu desa dapat menelusuri sejarah berdirinya desa itu sendiri. “Karena, hal itu sangat sulit dilakukan,” tandasnya. Sebelumnya, kata dia, dirinya bersama tokoh dan warga Desa Tanjung terdorong dan mencoba menelusuri sejarah berdirinya Desa Tanjung.

Pihaknya mencoba menelusuri sejarah berdirinya Desa Tanjung ke berbagai dinas terkait. Seperti BPMPD dan kearsipan Kabupaten Sumedang, namun disana tidak dapat ditemukan sejarah berdirinya Desa Tanjung.
“Terus mencoba ke Pemprov Jabar. Disini mulai ditemukan titik terang. Berdasarkan keterangan yang diperoleh, desa-desa di Pulau Jawa dan Madura mulai terbentuk sekitar tahun 1906 saat pemerintahan kolonial Belanda. Dan, kami menyimpulkan bahwa Desa Tanjung terbentuk tahun 1906 dan kini berusia 111 tahun,” jelasnya panjang lebar.

Dikatakan Ade, tujuan dari dilakukannya kegiatan memperingati milangkala Desa Tanjung adalah untuk mempererat tali silaturami antarwarga, warga dengan pemerintahan desa serta tali silaturahmi unsur-unsur lainnya. “Kami berharap dari kegiatan ini dapat menjadi introspeksi dan evalusi bagi kinerja Pemerintahan Desa Tanjung ke depannya. Kami menginginkan ke depannya kinerja kami dapat optimal,” tukasnya.

Terpisah, Camat Surian Drs Bahrudin MSi mengapresiasi kegiatan milangkala yang dilakukan Pemdes dan warga Desa Tanjung. Kata dia, ia tidak menyangka antusiasme warga begitu tinggi.”Saya sampai terharu melihatnya. Warga nampak sangat antusias melakukan kegiatan milangkala tersebut,” tegasnya.

Bahrudin berharap, adanya kegiatan milangkala ini menjadi introspeksi bagi pemerintah Desa Tanjung untuk meningkatkan pelayanan kepada warga, kinerja pemerintahan desa serta silaturahmi di antara keduanya. “Kinerja pemerintahan Desa Tanjung harus ditingkatkan dan menjadi contoh bagi desa desa lainnya,” tutupnya. (atp/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed