oleh

Kelola Sampah Agar Bernilai Ekonomis

SITURAJA – Pemerintahan Desa Cijeler Kecamatan Situraja akan mengupayakan pengelolaan sampah hingga bernilai ekonomis. Selain masih banyaknya tumpukan sampah yang tercecer, pengelolaan sampah ini pun diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan. Kata dia, demi terwujudnya lingkungan desa yang bersih dan terbebas dari sampah, pihak desa pun berupaya keras untuk menjadikan sampah-sampah tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dan memberikan penghasilan.

Kepala Desa Cijeler Pepen mengaku saat ini kondisi sampah memang masih berceceran sehingga menyebabkan kurangnya kenyamanan lingkungan. “Saya juga sedang mimikirkan bagaimana caranya agar sampah ini bisa dikelola oleh masyarakat atau ada petugas khususnya,” kata dia.

Ia mengatakan, dengan adanya pengelolaan yang baik, maka sampah-sampah dari rumah tangga bisa diangkut oleh petugas dan di kumpulkan di tempat pembuangan sampah akhir (TPSA). “Mungkin kita butuh proses untuk mewujudkannya, karena kita harus punya bangunan untuk pengelolaan sampah tersebut dan tenaga ahli dalam bidang itu,” katanya.

Dalam hal ini, proses pertama yang harus dilakukan adalah pembekalan ilmu dari tenaga ahli untuk pengolahan sampah menjadi pupuk organik, juga cara mendaur ulang sampah plastik. Sebab, masyarakat di desa tersebut masih belum memiliki kemampuan ke arah situ. “Sebelum dilaksanakannya program tersebut, harus ada pelatihan terlebih dahulu,” katanya.

Dia menilai, banyak keuntungan bagi masyarakat jika program tersebut terwujud. Selain dari membuka lowongan kerja, lingkungan juga akan terbebas dari sampah, dan tidak akan ada pencemaran air bersih.
“Terkadang sampah juga bisa mengakibatkan pencemaran air bersih, jadi kalau sampah itu bisa diatasi maka air bersih di desa ini akan terjaga,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed