oleh

PPP Kecewa Bupati Sendiri

KOTA – Ketua DPC PPP Kabupaten Sumedang Asep Ely Gunawan mengaku kecewa dengan mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Sumedang. Sebab, sebagai partai pengusung, pihaknya tidak diajak komunikasi oleh Bupati Sumedang Eka Setiawan. Tegas, PPP sebagai partai pengusung, memiliki hak untuk diajak berkomunikasi dalam menentukan kebijakan. “Sebenarnya kami memahami, jika rotasi dan mutasi merupakan hak prerogatif bupati,” kata Asep kepada Sumeks di ruang kerjanya, Selasa (25/7).

Namun, terang dia, PPP yang notabenenya sebagai partai pengusung, mempunyai peranan untuk ikut serta mengawal kebijakan bupati pada khususnya, serta pemerintah daerah pada umumnya. Dia memandang, keputusan bupati menempatkan seorang pejabat pada posisi tertentu, tanpa melihat apakah berkopetensi di bidangnya atau tidak. “Penempatan pejabat pada pos-pos tertentu itu, apakah cocok dengan kapasitasnya atau tidak?” tuturnya.

Asep mengaku, pihaknya sebagai partai pengusung merasa kecewa dengan kebijakan tersebut. “Mengapa bupati tidak melakukaan komunikasi sama sekali tentang hal ini?” keluhnya. Setidaknya, lanjut dia, bupati meminta saran pendapat kepada PPP, berkaitan dengan rotasi mutasi jabatan di lingkungan pemda tersebut. “Karena semua ini berhubungan dengan kinerja pemerintahan,” jelasnya.

Jika kenyataannya seperti ini, Asep pun nyaris tidak mengetahui sama sekali tentang siapa dan bagaimana kiprah pejabat baru dalam menempati jabatan barunya itu. “Mungkin bupati sudah tidak butuh lagi partai pengusung,” tuturnya. Ia menambahkan, karena rotasi dan mutasi sudah terlanjur dilaksanakan, pihaknya meminta bupati melakukan evaluasi terhadap para pejabat pemkab yang sudah diposisikan. “Apakah bisa bekerja atau tidak? Jika seandainya tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, apa yang akan dilakukan bupati?” ketusnya.

Namun, dia berharap, penempatan para pejabat baru, sudah sesuai dengan kompetensinya. Karena jika tidak, dikhawatirkan akan menghambat laju pembangunan di Sumedang. “Walaupun Aparatur Sipil Negara harus siap ditempatkan dimana saja. Namun hal itu tidak mudah, karena butuh proses agar sagala sesuatunya dapat terkondisikan dengan baik,” kata orang nomor satu di PPP Sumedang ini. Apalagi, kata dia, jabatan bupati Eka Setiawan tinggal sebentar lagi. “Kami khawatir, RPJMD Sumedang tidak akan tercapai,” tuturnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed