oleh

170 Rumah Siap Dicat

SUMEDANG – Konsep Kampung Buricak Burinong di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, sudah dalam tahap pendataan. Saat ini baru deal ada sembilan warna yang akan diterapkan di rumah warga. Namun begitu, kedepannya masih bisa ada penambahan warna lagi. Kepala Desa Pakualam Yuyud menyatakan, hasil pendataan rumah yang akan dilakukan pengecatan, yakni sebanyak 170 rumah. Pelaksanaannya dilakukan oleh tim yang dibantu warga dengan biaya pengecatan dari swadaya.

“Tidak ada anggaran khusus untuk program Kampung Wisata Buricak Burinong ini. Kita mengandalkan swadaya dan donatur,” katanya saat ditemui di sekitar Kecamatan Darmaraja belum lama ini. Dia menyebutkan, meski tidak ada anggaran khusus untuk program tersebut, namun sudah lebih dari satu ton cat yang terkumpul untuk diterapkan pada 1 Agustus mendatang.

“Anggarannya dari swadaya, tapi saya optimis ini akan terwujud. Kita akan mulai pengecatannya tanggal 1 Agustus nanti,” ujarnya. Dalam hal ini, pemerintah desa berharap dengan adanya program kampung wisata, akan berdampak positif bagi masyarakat dalam mengembangkan bentuk usaha. “Bisa saja kalau sudah terwujud kampung wisata di sini maka masyarakat bisa berjualan karena banyaknya pengunjung,” tambahnya.

Yuyud menilai, untuk mewujudkan kampung wisata yang maksimal, jelas perlu konsep yang matang dan butuh waktu juga untuk peroses penataannya. Dilihat dari kondisi di lapangan, masih banyaknya rumah yang belum selesai dan rumah yang belum ditempati. “Ya mungkin butuh proses untuk memaksimalkan kampung wisata ini,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed