oleh

Banjarsari Ajak Warga Hidup Sehat

JATINUNGGAL – Pemerintah Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal, mendorong kader PKK untuk membudayakan hidup sehat. Untuk itu dalam rangka Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN), pemerintah desa berencana untuk mengadakan lomba rumah sehat antar Rukun Tetangga (RT).

Kepala Desa Banjarsari Endang Susilawati menerangkan, dengan diadakannya lomba rumah sehat para ibu-ibu saat ini tengah disibukan dengan penataan lingkungan rumahnya. Seperti menata pekarangan rumah dan menanami pekarangan rumah yang kosong dengan tumbuhan yang bisa dijadikan bumbu atau obat. “Lomba ini untuk merangsang warga agar sadar lingkungan dan mencintai hidup bersih dan sehat,” katanya saat ditemui di ruangannya, Kamis (27/7).

Dalam perlombaan nanti, akan ada kategori penilaiannya. Seperti kebersihan rumah, kecerdasan dalam menata pekarangan dan pemanfaatannya. Hal itu untuk merangsang ibu-ibu untuk menerapkan semuanya disetiap saat.
“Sepertinya dengan cara ini setidaknya timbul rasa nyaman pada warga berada di dalam kondisi lingkungan yang bersih. Meskipu rumah yang akan dilombakan hanya satu rumah saja sebagai perwakilan dari tiap RT-nya,” ujarnya.

Pada dasarnya, pemerintah desa berharap semua masyarakat dapat bersama-sama menjaga lingkungan mereka dan menjauhkan lingkungannya dari tumpukan sampah. Karena terkadang, tumpukan sampah itu bisa menimbulkan datangnya penyakit dan musibah banjir. “Kalau hidup sehat sudah tumbuh dalam jiwa masyarakat, tentu mereka akan bergerak sendiri saat melihat kondisi yang bersifat mencemari lingkungan,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed