oleh

Kades Diajak Ikut Jaminan Sosial Rizal Jayakusumah

KOTA – Upaya meningkatkan kesadaran para perangkat desa akan pentingnya keselamatan kerja dan hari tua, BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi kepada ratusan kepala desa (kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Sumedang, di Aula Tampomas Gedung IPP Sumedang, Kamis (27/7).

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sumedang Rizal Jayakusumah mengatakan, masyarakat pedesaan yang notabenenya sebagai pekerja sektor mandiri, dinilai penting untuk mengikuti program tersebut.

“Sesuai dengan Nawacita Program Presiden Joko Widodo, salah satunya untuk memperkokoh masyarakat di pedesaan, terutama di bidang sosial,” katanya disela-sela acara. Dia memandang, masyarakat angkatan kerja di pedesaan cukup banyak. Terutama pada sektor mandiri, yakni masyarakat yang memiliki pekerjaan sendiri dan penghasilan sendiri. “Disamping karyawan pekerja penerima upah,” ujarnya.

Menurutnya, ada empat program BPJS Ketenagakerjaan yang ditawarkan. Yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) serta Jaminan Pensiun (JP). “Desa Citimun dan Karyamukti, merupakan desa yang menjadi pilot project program BPJS Ketenagakerjaan. Karena kepala dan perangkat desanya sudah menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Mudah-mudahan diikuti oleh desa-desa lainnya,” harapnya.

Menanggapi hal itu Bupati Sumedang Eka Setiawan mengatakan, para kepala desa beserta perangkatnya disarankan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Diharapkan dapat menikmati manfaatnya seperti Pegawai Negri Sipil, dapat pensiun, jaminan kecelakan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua,” tukasnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed