oleh

Siapkan Rumdin, Camat Harus Siaga

TANJUNGSARI – Seiring penyerahan sebagian wewenang dari bupati ke camat, tentunya seorang camat dibutuhkan masyarakat setiap saat. Dengan begitu, seluruh camat harus siaga menempati rumah dinas (rumdin) masing-masing yang sudah disediakan Pemkab Sumedang.

“Dengan adanya rumah dinas, setiap dibutuhkan tentunya camat harus siaga, bila perlu tinggal di rumah dinas masing-masing,” terang Bupati Sumedang Eka Setiawan saat melihat rumah dinas Camat Tanjungsari Ida Farida Soebandi, kemarin (27/7).

Pihaknya berharap, pelayanan juga semakin meningkat. Selain itu, tugas sebagai pejabat semata-mata untuk meningkatkan fungsi pelayanan. Dia pun meminta, seluruh kepala SKPD menanamkan prinsip, bahwa pejabat bukanlah raja, pejabat bukan untuk dilayani, melainkan pejabat hadir untuk melayani masyarakat.

“Membagi wewenang kepada camat, bagi saya adalah jalan keluar. Reformasi birokrasi memang harus dilakukan, karena kita tidak akan bisa selesai dengan pola lama, atau menunggu lama. Padahal kita punya waktu untuk mempercepat,” tegasnya. Dengan begitu, sebaiknya camat itu siaga terus dalam pelayanan kepada masyarakat. “Makanya ada rumah dinas dekat dengan kantor kecamatan tujuanya agar camat bisa siaga bila dibutuhkan,” tuturnya.

Rumah dinas menurut Eka, merupakan rumah kedua camat agar bisa cepat datang ke kantor bila diperlukan masyarakat. Dirinya pun meminta, setiap camat membenahi rumah dinas dan kantornya dengan baik. “Kantor camat harus berbunga, harus punya taman, punya pagar. Ini akan jadi bahan penilaian kinerja bagi masing-masing camat,” pungkasnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed