oleh

Harga Naik, Garam Aman

TANJUNGSARI – Harga garam di Pasar Tradisional Tanjungsari, belakangan mengalami kenaikan harga. Kenaikannya mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 2.000, dari harga normal yang hanya Rp 700 hingga Rp 1.000 per pak dengan ukuran 250 gram.

“Kami langsung melakukan pengecekan terkait naiknya harga garam. Mesekipun mengalami kenaikan tetapi garam masih ada tidak sampai menghilang,” ujar Kepala UPTD Pasar Tradisional Tanjungsari Amung di kantornya seusai melakukan kroscek ke sejumlah pedagang, Kamis (27/7).

Penyebab terjadinya kenaikan harga garam, kata Amung, diakibatkan faktor cuaca ekstrem di beberapa wilayah penghasil garam seperti dan Pati dan Madura. Sehingga petani mengalami gagal panen yang mengakibatkan menurunnya pasokan garam ke beberapa wilayah dan berimbas pada mahalnya harga garam.

Nani, 33, salah seorang pedagang garam di Pasar Tanjungsari, mengaku bahwa terjadinya kenaikan harga garam tidak sampai dikeluhkan para pembeli. Mengingat garam yang banyak dibeli masyarakat, merupakan garam dapur. “Yang belanja di sini biasanya untuk kebutuhan dapur saja. Sedangkan garam kasar diperlukan hanya untuk kebutuhan pengasinan ikan atau kebutuhan pabrik. Itupun mulai mengalami penurunan pasokan,” tuturnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed