oleh

Campak MR Disosialisasikan

CIMALAKA – Para pelajar, guru, kader posyandu, kepala desa serta kader PKK dari Kecamatan Cimalaka, mengikuti Sosialisasi Kampanye Imunisasi Campak Measles Rubella (MR), Kamis (27/7) lalu. Kepala UPTD Puskesmas Cimalaka Supriyanto SKM mengatakan, sasaran target kegiatan itu untuk para akademisi akan dilakukan pada 7 Agustus 2017 mendatang. Sementara untuk para kader posyandu, pada September mendatang.

Dari catatan yang ada, terdapat sekitar 18 ribu anak sekolah yang akan mendapat imunisasi MR dalam program tersebut. Pihaknya juga menyeleksi semua murid berusia kurang dari 15 tahun untuk diimunisasi. Selain itu untuk di posyandu-posyandu, anak berusia sembilan bulan sampai lima tahun. “Semuanya itu menjadi program rutin seluruh puskesmas,” tandasnya.

Selain sasaran sekolah dan posyandu, pihaknya akan menggelar sweeping anak jalanan pada minggu ketiga Agustus bulan depan masih dalam kegiatan yang sama. “Kita akan sambangi anak-anak jalanan seperti anak punk. Kami juga akan memberikan penjelasan ke mereka terkait pentingnya imunisasi MR,” terangnya.

Supriyanto menyebutkan, timnya berencana memberikan informasi kepada orang tua atau wali murid tentang imunisasi MR melalui surat atau pada saat pertemuan orangtua murid. Memberikan penyuluhan kepada para murid, orang tua dan wali murid tentang pentingnya imunisasi MR. Serta, mendistribusikan brosur imunisasi campak rubella kepada murid dan memasang poster atau materi lainnya di lingkungan sekolah.

“Untuk peran para kader akan membantu pendataan sasaran yang belum sekolah dan anak yang putus sekolah. Menggerakkan orang tua dan sasaran untuk datang ke pos pelayanan imunisasi (posyandu dan puskesmas). Membantu menyiapkan tempat pelaksanaan imunisasi berupa ruang penyuntikan dan ruang tunggu sebelum dan sesudah penyuntikan,” tutupnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed