oleh

Ulama Nilai Positif ZA

KOTA – Pimpinan Pondok Pesantren Al-Jauhar Dusun Cialang-alang Desa Mulyajaya Kecamatan Wado KH Adam Malik Ibrahim, menilai sosok Drs H Zaenal Alimin MM (ZA) sudah layak untuk memimpin Sumedang. Karena menurutnya, Zaenal Alimin memiliki pribadi yang karismatik, agamis dan penuh wibawa.

“Dia orang baik, pendidikan agamanya juga baik. Karena sejak kecil sudah dibina kedua orang tuanya dengan ilmu-ilmu agama. Saya kenal sejak dia masih kecil,” katanya saat ditemui di Kantor MUI Kabupaten Sumedang, Senin (31/7).

Sebagai putra kiyai yang sekaligus guru agama di SMP Darmaraja, Zaenal Alimin patuh beragama serta taat beribadah. “Semua itu berkat didikan KH Abdul Hamid, ayahanda Zaenal Alimin,” tuturnya.

Disebutkan, karena sejak kecil sudah dijejali dengan ilmu-ilmu agama, tak heran jika dalam perjalanan hidupnya ajaran agama islam melekat kuat pada diri Zaenal Alimin. “Meskipun seorang birokrat, namun birokrat yang agamis,” jelasnya.

Sebagai tokoh ulama yang sekaligus Ketua MUI Kabupaten Sumedang, dirinya mengharapkan lahirnya pemimpin yang agamis, visioner untuk membangun Sumedang, serta memperhatikan masalah agama. Sebab mayoritas penduduk Sumedang beragama Islam.

“Jika pak Zaenal mencalonkan bupati, saya mendukung. Termasuk siapapun, asal bertujuan membangun Sumedang,” tegasnya. Adam Malik beralasan, kenapa pemimpin yang memiliki latar belakang santri atau kiayi sangat diharapkan kehadirannya di Sumedang. Menurutnya, hal-hal yang berkaitan dengan masalah agama, masih banyak yang harus dibenahi.

“Andai saja bupati di masa yang akan datang memiliki basic keagamaan, maka Sumedang yang agamis sebagai mana tarcantum dalam program senyum manis akan tercapai,” tuturnya. Terpisah, Ketua Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikamus Salafiyyah KH Sa’adulloh, mengatakan hal sama. Untuk membangun Sumedang di masa yang akan datang, dibutuhkan sosok bupati yang agamis.

“Jika pemimpinnya yang kental dengan agama, diharapkan hubungan ulama umaro akan lebih terjalin lebih baik lagi,” kata KH Sa’dulloh yang juga Ketua PCNU Kabupaten Sumedang. “Terutama, adanya dukungan terhadap fasilitas dan sarana untuk pengembangan syiar Islam,” tambahnya.

Menurutnya, sosok Zaenal Alimin seorang yang taat beragama serta memiliki pemahaman agama yang sangat baik. “Disamping memiliki kepiawaian dalam urusan tata kelola pemerintahan,” tuturnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed