oleh

Mengikuti Wisuda Khotmil Quran ke-14 Ponpes Al Hikamussalafiyyah

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah di Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta, menyelenggarakan wisuda Khotmil Quran ke-14. Sebanyak 306 penghafal Alquran, diwisuda dalam kegiatan tersebut. Bagaimana kemeriahannya. Berikut liputannya.

SEKITAR 2.000 orang, mengikuti pawai Ta’ruf yang menandai diawalinya prosesi Wisuda Khotmil Quran ke-14 di Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyyah, Sabtu (29/7) lalu. Mereka, terdiri dari para wisudawan dan penggembira serta warga sekitar. Pada Ba’da Maghrib, kegiatan inti Wisuda Khotmil Quran ke-14 itu dimulai. Pelaksanaan acaranya sendiri, berlangsung hingga larut malam.

Untuk tahun 2017 ini, Ponpes Al-Hikamussalafiyyah mewisuda sebanyak 306 wisudawan. Mereka terdiri dari Golongan Bilghoib juz 30 putra sebanyak 110 orang, Bilghoib juz 30 putri 109 orang, golongan Binadzor 30 juz putra 26 orang, Binadzor 30 juz putri 42 orang, golongan Bilghoib 30 juz putra berjumlah 12 orang dan Bilghoib 30 juz putri berjumlah 7 orang.

Ketua Panitia Wisuda Khotmil Quran Syarif Hidayatullah mengatakan, tujuan wisuda Khotmil Quran ini salahsatunya merupakan bentuk apresiasi terhadap para penghafal Alquran di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah. Selama ini, mereka telah berjuang dalam menyelesaikan target hafalan Alqurannya.
“Begitu beres maka perlu adanya bentuk apresiasi dengan di wisuda. Wisuda ini sendiri merupakan agenda tahunan,” ujar Syarif.

Selain itu, kata dia, wisuda Khotmil Quran ini dilaksanakan untuk meningkatkan kecintaan terhadap Alquran bagi masyarakat pada umumnya. Sehingga lebih nampak kesemarakan nilai-nilai Islam. “Dan pada akhirnya, diharapkan terciptanya suatu tatanan kehidupan masyarakat yang Qurani,” tandasnya. Sementara itu, Kepala Madrasah Alquran Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah H Sa’dulloh mengatakan, target wisuda Khotmil Quran kali ini, yaitu terbentuknya generasi muslim yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlak karimah dan berjiwa qurani. Hal itu, sesuai dengan tuntunan Alquran.

“Para santri dan masyarakat diharapkan lebih giat dan bersemangat lagi dalam menggali dan mengkaji Alquran,” terangnya. Dengan adanya wisuda khotmil Quran ini, H Sa’dulloh berharap santri dan masyarakat senantiasa berpedoman pada Alquran dalam kehidupan sehari-harinya. Serta tertanamnya Alquran baik secara hafalan maupun pengamalan. “Sehingga selalu dapat mengikuti dan menyikapi perkembangan zaman dengan lebih baik. Tentu hal itu sesuai dengan Alquran,” harapnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed