oleh

Kodim 0610 Berikan Bantuan ke Bocah Pemulung

KOTA – Dandim 0610 Sumedang Letkol Arm I Made Mertha Yasa menyebutkan, bentuk nyata penguasaan wilayah binaan Babinsa di daerah binaan masing-masing, harus benar-benar disentuh dan dirasakan langsung warga setempat.

Made menegaskan, babinsa sebagai pelaksana langsung di lapangan, wajib mengetahui sekecil apapun tentang situasi kondisi sosial warga yang masuk wilayah binaan.

“Kerawanan-kerawanan tentang kondisi sosial bukan hanya terjadi di wilayah terpencil saja, akan tetapi seperti yang kita ketahui kerawanan kondisi sosial, bahkan sering terjadi di wilayah perkotaan,” katanya kepada Sumeks, Rabu (2/8).

Seperti diketahui, lanjut I Made, saat ini di wilayah Kabupaten Sumedang sudah ditemui beberapa kali kejadian kondisi sosial warga yang sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, segala isu-isu yang bermunculan harus dapat segera diatasi dan ditindaklanjuti oleh babinsa yang ada di lapangan.

“Babinsa kami beserta Babinkamtibmas dan aparatur daerah setempat, langsung cek kebenaran kabar bocah 12 tahun di wilayah Bebedahan, Kelurahan Kota Kulon yang berjuang mempertahankan hidup untuk membantu keluarga, dengan bekerja sebagai pemulung sampah,” ujarnya.

Setelah ditinjau langsung, pihak Kodim 0610 Sumedang membenarkan jika kondisi keluarga bocah tersebut terbilang memprihatinkan. Namun, adanya kabar seorang bocah yang menjadi pemulung memang baru diketahui kemarin malam. Pasalnya keberadaan bocah tersebut baru 4 bulan semenjak dia masuk sekolah di MTs Koirul Isroh Talun. Sementara kondisi keluarga yang ditempati bocah tersebut telah lama diketahui oleh warga setempat. Bahkan, semua pihak di lingkungan tersebut pernah berupaya mengajukan bantuan untuk kelayakan keluarga tersebut.

“Hal tersebut sudah diketahui dan bahkan dibantu oleh unsur masyarakat yang lain. Dan sekarang dengan adanya kejadian ini, kami beserta pihak lainnya kembali berupaya untuk memberikan bantuan. Dan kami juga telah berkoordinasi dengan pemerintahan setempat supaya dapat mengupayakan agar keluarga tersebut mendapat penghidupan dan tempat tinggal yang layak,” tuturnya.

Sebagai bentuk simpati dan memberikan motivasi kepada Romzy, Babinsa serta Babinkamtibmas berkunjung untuk memberikan dorongan moril kepada anak tersebut dan keluarga supaya tetap semangat dan tidak putus asa dalam berjuang untuk menuju kehidupan yang lebih layak. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed