oleh

Evaluasi SPBS, Sekda Tinjau Latihan Kesenian

SUMEDANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang H Zaenal Alimin, melakukan evaluasi dari konsep Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS) yang sudah dicanangkan Sumedang. Menurut Sekda, SPBS kini sudah mulai mengakar sampai tingkat bawah. Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara latihan kesenian Sunda di Saung Budaya Desa Cikoneng, Kecamatan Ganeas, Sabtu (5/8) malam.

Menurutnya, SPBS merupakan sebuah kebijakan inovatif untuk memfasilitasi pelestarian budaya Sunda di Kabupaten Sumedang untuk memperkokoh kebudayaan Jawa Barat dan Nasional. “Budaya Sunda sendiri adalah keseluruhan gagasan, perilaku, dan hasil karya masyarakat Sunda, baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang diperoleh melalui proses belajar dan adaptasi terhadap lingkungannya yang diyakini dapat memenuhi harapan dan kebutuhan hidup masyarakat Sunda,” ujarnya.

Yang membuat bangga dirinya, saat hadir di acara latihan itu dia melihat antusiasme masyarakat. Tak hanya orang tua, tapi juga sejumlah anak muda. Dalam kesempatan itu pun terlihat sejumlah Mahasiswa KKN. Dia optimis, kesenian daerah di wilayah itu dapat berkembang. Tak hanya sekedar melakukan peninjauan dan evaluasi kegiatan seni dan budaya di Desa Cikoneng, Zaenal Alimin pun turut serta latihan bersama bahkan dia langsung melantunkan lagu Sumedang Kota Kamelang diiringi tabuhan calung dan reak.

Sekda berharap konsistensi terhadap komitmen yang sudah dideklarasikan sejak tujuh tahun lalu dengan SPBS-nya benar-benar dijaga, dipertahankan, dilestarikan dan dikembangkan. “Sumedang harus bisa bercermin kepada Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia. Mereka konsisten terhadap komitmennya dalam menjadikan seni budaya tradisional menjadi ikon,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Edah Jubaedah dari Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) mengaku senang dengan geliat kesenian tradisi yang masih digemari masyarakat di Desa Cikoneng. Menurutnya, hal itu merupakan bagian kecil dari implementasi Perbup Nomor 113 Tahun 2009 tentang SPBS.

Senada dikatakan Kepala Desa Cikoneng. Dia pun mengaku tak menyangka saat latihan akan dikunjungi langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang H Zaenal Alimin. Dirinya berharap datangnya pejabat kabupaten Sumedang itu akan menambah semangat warga masyarakatnya untuk benar-benar menjunjung kesenian tradisional khususnya seni calung dan reak yang saat ini paling diminati. (sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed