oleh

Butuh Pemimpin Tegas

KOTA – Aktivis lembaga riset Mentari Madani Supala MAg menilai, Sumedang membutuh pemimpin ‘Setengah Gila’. Maksudnya, sosok yang tegas dan berani dalam mengubah Sumedang. Sebab, dia menilai, persoalan yang ada di Kabupaten Sumedang kian semakin parah.

“Pemimpin setengah gila ini bukan dalam arti tidak waras ya, tapi pemimpin yang berani dan tegas. Serta pemimpin yang memiliki trackrecord baik. Dengan tipikal pemimpin seperti ini, Sumedang mampu ajeg dan mampu membangun peradaban,” katanya kepada Sumeks, Senin (7/8).

Supala yang juga aktif mengajar di STAI Muhamadiyah Bandung dan Akbid Respati Sumedang, ini melihat ada beberapa masalah yang harus segera diperbaiki calon pemimpin kedepan. “Begitu banyak persoalan di Kabupaten Sumedang, mulai dari persoalan birokrasi, infrastruktur, sumber daya alam, potensi daerah dan lain sebagainya,” ujarnya.

Supala juga mencontohkan adanya beberapa permasalahan yang belum bisa diselesaikan oleh pemerintahan daerah. Seperti halnya pemberdayaan ekonomi di Waduk Jatigede yang belum begitu optimal bahkan tidak terlihat.

“Justru yang banyak idenya dari masyarakat sendiri. Yang lebih menyedihkan, justru kabupaten lain begitu berlomba-lomba dalam pemberdayaan berbagai macam sektor ekonomi dengan adanya Bandar Udara Internasional Jawa Barat di Kalijati Majalengka, yang justru berbatasan langsung dengan Sumedang,” kata Supala.

Oleh karena itu, Supala berharap nuansa Pilkada jangan sampai mengganggu kepada pelayanan publik. “Pelayanan publik yang lambat, infrastruktur yang kurang baik, pemberdayaan ekonomi yang kurang optimal, sumber daya alam yang belum tertata, persoalan birokrasi yang ngejelimet, dan lain-lain, itu menjadi pekerjaan rumah yang secepatnya harus teratasi,” tuturnya. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed