oleh

Ongkos ke Bandara Ditanggung Jamaah

SUMEDANG – Calon jamaah haji asal Sumedang tak akan mendapatkan cinderamata dari pemkab Sumedang, menyusul anggaran untuk cinderamata jemaah haji tahun ini tak ada. “Memang benar, untuk tahun ini dananya tidak ada. Sehingga dengan segala rasa hormat, Pemkab tak bisa memberikan cinderamata,” terang Kabag Kesra Setda H Agus Suherman ketika dikonfirmasi, Senin (7/8).

Terang Agus, tak adanya dana untuk cinderamata mata, sehubungan keketerbatasan anggaran, meski sebelumnya memang telah diajukan. Jelas Agus, sejak tiga tahun Pemkab Sumedang secara rutin memberikan cinderamata berupa pakaian ihrom kepada calon haji asal Sumedang. “Ya mudah-mudahan tahun depan kembali ada,” terang Agus.

Selain tak bisa memberikan cinderamata, biaya perjalanan calhaj dari Sumedang ke bandara juga ditanggung masing-masing jemaah dengan cara swadaya. “Kalau sebelumnya biaya perjalanan pulang pergi Sumedang bandara memang ditanggung Pemkab, tapi sekarang mesti swadaya,” tambahnya.

Padahal lanjut Agus, undang-undang mengamanatkan Pemkab harus memasilitasi pemberangkatan jemaah dari lokasi ke embarkasi. “Namun kembali karena dananya tak ada, kita tak bisa berbuat banyak, dan hal ini terjadi juga di daerah lain,” tandasnya. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed