130 Anggota PPK Terpilih Dilantik

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

130 Anggota PPK Terpilih Dilantik

DILANTIK: Sejumlah Anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sumedang dilantik Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa SH MH di Islamic Centre.

SIAP BERTUGAS

KOTA – Sebanyak 130 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dilantik Ketua KPU Sumedang di Islamic Centre Jalan Kutamaya Sumedang, Minggu (29/10) lalu.

Ketua KPU Kabupaten Sumedang Hersa Santosa SH MH mengatakan, pelantikan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KPU dalam pembentukan panitia pemilihan umum tingkat daerah.

“Semua yang dilantik hari ini, merupakan orang-orang pilihan yang telah menjalani beberapa proses tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi tertulis hingga wawancara,” katanya kepada sejumlah wartawan usai acara pelantikan.

Kata Hersa, ke 130 anggota PPK yang baru dilantik, berasal dari 26 kecamatan. Masing-masing kecamatan, terdiri dari lima orang.

“Setelah dilantik hari ini, mereka (anggota PPK, red) harus segera dapat menentukan, siapa yang akan diangkat menjadi ketua dari masing-masing kecamatan. Ini sangat penting untuk segera ditentukan, mengingat kita akan segera membentuk PPS (Panitia Pemungutan Suara) di tiap desa dan kelurahan,” katanya.

Hersa menambahkan, pihaknya akan menindak tegas terhadap anggota PPK yang dinilai melanggar peraturan yang sudah ditentukan perundang-undangan.

“Tidak ada toleransi bagi para pelanggar aturan,” tegasnya.

Apabila ada anggota PPK yang keluar atau meninggal dunia, maka pihaknya akan menunjuk Pengganti Antar Waktu (PAW).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs H Zaenal Alimin MM mengatakan, tugas yang akan dijalani anggota PPK sangatlah Mulya. Karena memiliki beban tanggung jawab yang sangat berat.

“Anggota PPK memiliki peran sangat penting dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah,” katanya.

Sehingga, dalam melaksanakan tugas-tugasnya, seorang anggota PPK harus penuh dengan kecermatan, ketulusan dan keikhlasan.

“Karena hasil dari pelaksanaan tugas-tugasnya, sangat menentukan keadaan daerah, baik provinsi maupun kabupaten, hingga lima tahun ke depan,” ucapnya.

Zaenal mengamanatkan kepada anggota PPK yang sudah dilantik, agar menjalankan tugas-tugasnya, penuh dengan integritas, netral serta tidak ditumpangi dengan kepentingan. “Tidak dapat terintervensi pihak manapun,” katanya.

Karena jika terintervensi, maka akan mencintai kemuliaan dan kesucian tugasnya sebagai seorang anggota PPK. (nur/adv)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.