oleh

PTSP Melalui SI ICE Mandiri

KOTA – Upaya memberi kemudahan, kecepatan dan kepastian perizinan kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Puntu (DPMPTSP) Kabupaten Sumedang, mengelenggarakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sistem Elektronik Izin Cetak Mandiri (SI ICE Mandiri).

Sekda Sumedang Drs H Zaenal Alimin MM mengatakan, sistem ini diberlakukan untuk mengikuti perkembangan zaman. Sekaligus juga, dalam memenuhi tuntutan masyarakat akan terwujudnya pelayanan publik.

“Terutama pelayanan perizinan yang cepat, mudah, transfaran, pasti, terjangkau serta dapat dipertanggungjawabkan,” katanya usai membuka acara Sosialisasi SI ICE Mandiri di Kantor DPMPTSP Kabupaten Sumedang, Kamis (14/12).

Selain dapat memudahkan masyarakat dalam memohon izin, juga sebagai pengembangan alat kendali penyelenggaraan PTSP yang lebih baik dan efisien.

“Dengan sistem ini, dapat meningkatkan keterbukaan informasi serta akses penyelenggaraan PTSP kepada masyarakat,” ucapnya.

Adapun penyelenggar yang menyelenggarakan PTSP, DPMPTSP berama-sama dengan perangkat daerah, teknis serta instansi vertikal teknis terkait yang dikoordinasikan kepala DPMPTSP.

“Sistem SI ICE Mandiri memiliki dua payung hokum. Yakni Peraturan Bupati Sumedang Nomor 91 Tahun 2017 dan Peraturan Buapti Sumedang Nomor 92 Tahun 2017,” katanya menambahkan.

Di tempat sama, Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumedang Ade Setiawan menerangkan, ada tujuh langkah mudah daftar izin melalhi aplikasi SI ICE Mandiri.

Pendaftarannya mengisi formulir dan berkas, pemrosesan izin, pembayaran retribusi, penandatanganan izin, pengisian kuisioner bagi Industri Kecil Menengah (IKM) serta mengunduh dan mencetak surat izin.

“Penandatanganan izin dilakukan Kepala Dinas PMPTSP yang dilakukan dengan sistem digital,” kata Ade.

Tentunya setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Bidang Pelayanan Perizinan. “Bisa dilakukan di kantor atau di luar kantor pada jam kerja atau di luar jam kerja,” ucapnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed