oleh

Verifikasi Faktual Mulai Dilakukan

CONGGEANG – Petugas PPS setiap desa dan kesekretariatan PPK Kecamatan Conggeang mulai melalukan verifikasi faktual pasangan calon independen di tingkat desa. Kegiatan verifikasi faktual juga melibatkan Panwascam serta tim penghubung pasangan calon independen.

Seperti diungkapkan Ketua PPK Kecamatan Conggeang Taryana.

“Verifikasi faktual dilakukan secara serempak di 12 desa yang ada di Kecamatan Conggeang.” ujar Taryana kepada Sumeks di kantor kesekretariatan PPK Conggeang, kemarin (14/12).

Kata Taryana, pelaksanaan verifikasi faktual mulai dilakukan tanggal 12 hingga 25 Desember 2017. Setelah dilakukan verifikasi faktual akan dilakukan pleno di tingkat desa.

“Selanjutnya, dibawa ke pleno di tingkat kecamatan sebelum dibawa ke KPUD,” ujar Taryana.

Dikatakan, verifikasi faktual di lapangan dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari KPUD Sumedang. Setiap data yang ada akan ditelusuri oleh PPS, kemudian dipertanyakan apakah benar telah mendukung pasangan calon independen tersebut.

“Apabila benar, akan menjadi dukungan ril. Tetapi, apabila tidak benar dukungan itu akan dicabut dengan membuat surat pernyataan pencabutan dukungan,” jelasnya.

Hasil verifikasi faktual di lapangan, kata dia, adalah pengurangan dari jumlah dukungan berdasarkan di KPUD dikurangi jumlah dukungan yang dicabut.

Lebih lanjut, Taryana menjelaskan ketiga pasangan calon jalur perseorangan yang telah mendaftarkan diri ke KPUD mempunyai dukungan di Kecamatan Conggeang. Baik pasangan ZA – Akur, H Ecek – Tatang ataupun Widodo – Sonia Sugian.

“ZA – Akur mempunyai dukungan sebanyak 5285, H Ecek – Tatang S sebanyak 1319 dan Widodo – Sonia Sugian sebanyak 907,” jelasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed