15.000 m2 Perkebunan Terbakar

15.000 m2 Perkebunan Terbakar

PADAMKAN API: Seorang warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya selagi menunggu petugas pemadam kebakaran datang, kemarin.(ASEP HERDI9ANA/SUMEKS)

Peliput/Editor: Asep Herdiana/Usep Adhiwihanda

**Api Nyaris Melalap Pemukiman

KOTA – Lahan perkebunan seluas 15.000 meter persegi (m2) yang berdekatan dengan perumahan warga RT 02 RW 05 Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara, terbakar pada Minggu (3/9) kemarin sekitar pukul 11.40.

Diduga, api berasal dari tempat pembakaran bata merah yang berada bersebelahan dengan lahan yang kering.
Kepala Desa Mekarjaya Dudung S Farhan membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya lahan tersebut merupakan tanah perkebunan milik warga sekitar yang tidak ditanami karena musim kemarau.

“Api diduga berasal dari pembakaran bata yang berekatan dengan lahan kering, dan dipicu oleh angin kencang,” terang Dudung saat dikonfirmasi.

Beruntung, tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Sementara proses pemadaman api dilakukan oleh warga dibantu satu unit tim pemadam kebakaran.

Sementara itu Badan Penanggulanangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, menghimbau masyarakat saat memasuki musim kemarau untuk berhati -hati dan waspada kebakaran. Sebeb di musim kemarau, sangat riskan sekali terpicu kebakaran dikarenakan hal sepele semisal membuang puntung rokok sembarangan di lahan kering.

“Kepada masyarakat tetap waspada dan dihimbau untuk berhati-hati. Hal sepele saja bisa berakibat fatal,” ujar Kepala BPBD Sumedang Ayi Rusamana. (her)

Komentar

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Hosting Unlimited Indonesia