oleh

JATINANGOR- Guna mengarahkan siswa masuk perguruan tinggi negeri dan swasta favorit, siswa-siswi kelas 3 SMA Al Ma’soem mengikuti Cageur Bageur Pinter (CBP) Camp di kampus Al Ma’soem, belum lama ini.

Ketua Pelaksana, Saiful Hakim dalam acara CBP Camp ini, siswa diarahkan memilih perguruan tinggi sesuai keinginannya. Termasuk tata cara ujian masuk, persyaratan, dan biaya yang dikeluarkan untuk kuliah di PT favorit. Sementara yang menjadi tutor dalam kegiatan itu adalah alumni SMA Al Ma’soem yang telah kuliah di masing-masing PT tersebut.

“Panitia menyusun acara seperti seminar, materi ajar, pengenalan kampus, university fair, logika matematika dan prediksi SNMPTN, sucses story, dan Hypno Terapi bersama rumah cerdas Indonesia. Yang mengisi seminar para alumni yang telah berhasil,” katanya kepada Jateks, kemarin.

Yang membedakan Al Ma’soem dengan sekolah lain, yakni pada saat libur seperti ini, siswa malah diarahkan ke kegiatan positif.

“Intinya kami berterimakasih kepada rekan-rekan panitia yang telah bekerja sama sampai saat ini. Kami juga meminta maaf jika dalam pelaksanaan masih banyak kekurangan,” katanya.

Direktur Umum Yayasan Al Ma’soem, Ir H Tonton Taufik Rahmat MBa, mengatakan acara CBP Camp ini sebagai jembatan menuju kampus favorit. Namun, masalah diterima atau tidaknya, tergantung siswa itu sendiri. Sebab, siswa tetap harus giat belajar, jangan berleha-leha.

“Ini sebagai acuan bagi siswa kelas 3 yang mau melanjutkan ke PTN PTS Favorit. Apalagi diarahkan oleh alumni yang sudah kuliah di PT favorit,” katanya.

Dikatakan dia, CBP Camp ini paling efektif. Sebab, berpengaruh terhadap prosentasi tingkat siswa diterima di PT Favorit. Dari tahun ketahun, kata dia, terdapat peningkatan jumlah siswa yang diterima di PTN Favorit.

Kedua, kata dia, mereka (siswa) juga berada di kampus belajar mandiri. Bagaimana belajar hidup, mandiri dan lebih dari 10 kampus. Setiap kampus ada alumni. Antara alumni dengan sekolah itu ada hubungan emosional. Sehingga alumni merasa memiliki terhadap adik kelasnya yang mau kuliah di PTN Favorit.

“Selain kampus PTN dan PTS Favorit yang ada di Indonesia seperti Unpad, ITB, UPI, Unibraw, IPB, UI, Unsil, Undip, dan Amik Al Ma’soem, juga ada kampus internasional. Seperti Germany, Perancis, dan Australia,” katanya.
Untuk mengarahkan siswa menguasai bahasa asing, lanjut Tonton, Al Ma’soem juga mempunyai guru tamu dari luar negeri asli.

“Kita punya guru native teacer seperti dari Amerika, Perancis, Inggris, dan Filiphina. Kita juga akan menerapkansatu siswa satu bangku, supaya para siswa belajar mandiri. Mereka sudah siap belajar sendiri, penghapus, dan pensil gak boleh pinjam ke orang lain,” tandasnya. (imn/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed