oleh

16 Tahun Rumah Sakit Pakuwon Sumedang, Berawal dari RS Bedah

KOTA – Rumah Sakit Umum Pakuwon adalah rumah sakit swasta pertama dan satu satunya di Sumedang. Pendirian RS Pakuwon berangkat dari kepedulian dr.H.Noerony Hidayat dalam rangka turut serta membantu pemerintah didalam penyediaan sarana pelayanan kesehatan. Khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Sumedang yang bermutu dan terjangkau agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Rumah sakit ini dioperasikan sejak tahun 1999 diatas lahan 3.175 m2 dengan lokasi dijalan Rd. Dewi Sartika Nomor 17 Sumedang. Di awal operasionalnya RSU Pakuwon dikhususkan pada pelayanan kasus-kasus bedah saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu animo masyarakat terus meningkat sehingga yang datang berobat tidak hanya kasus bedah saja.

Hingga pada tahun 2001 Kualifikasi Rumah Sakit Khusus Bedah berubah menjadi Kualifikasi Rumah Sakit Umum yang ditandai dengan turunnya Surat Izin Tetap Penyelenggaraan Rumah Sakit Umum Pakuwon dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta yaitu pada tanggal 11 April 2001 dengan Nomor : 22.04.2.2.1428.

Beliau mendirikan Rumah Sakit ini dengan maksud untuk memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan kepada masyarakat khususnya di Sumedang sesuai dengan profesi seluruh insan kesehatan dan komitmen beliau selaku seorang dokter yang telah mengabdi hampir 35 tahun lamanya.

Rumah Sakit Pakuwon adalah salah satu sarana yang dapat menggali potensi dan peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan khususnya di bidang kesehatan, dan juga terbukti dalam membantu program pemerintah dalam hal penyaluran tenaga kerja dari berbagai disiplin ilmu pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Pakuwon.

Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Susmedang yang terus berkembang, RSU Pakuwon terus berupaya dan berbenah. Pembenahan yang dilakukan selain diarahkan pada sarana dan prasarana juga diarahkan pada peningkatan sumber daya manusia yang professional, sehingga diharapkan akan tercapainya suatu pelayanan yang prima di bidang pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Dengan komitmen yang kuat untuk turut serta memajukan dan mencerdaskan bangsa, tak hanya berkutat di bidang pelayanan kesehatan, akan tetapi beberapa bidang lainya seperti pendidikan, sosial, hingga kesenian. RS Pakuwon berkomitmen keberadaan Rumah Sakit Swasta satu-satunya di Sumedang ini bisa memberikan kontribusi nyata dalam mendorong pemerintah dan berjalan beriringan untuk pembangunan Sumedang ke arah yang lebih baik. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Selamat dan suksess..selalu Rs pakuwon sumedang
    Cuma tolong perbaiki sistem pendaftaran poly klinik rs pakuwon sumedang klo bisa sistem pendaftaran tdk boleh d wakilkan oleh orang dalam
    Kasian yg antri dr pagi ke salip.. sama orang yg baru datang.. mohon tindak lanjuti… thnks

News Feed