oleh

Bank Sampah Menjadi Solusi

KOTA – Persoalan sampah harus menjadi parhatian serius bagi pemerintah daerah dan semua elemen masyarakat. Sampah, jika tak ditangani secara komprehensif akan menjadi sebuah persoalan besar. Namun, sampah juga bisa jadi produk yang bernilai positif jika dikelola dengan didukung keilmuan dan teknologi.

Staf Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Sampah dan Limbah, M Ilham Malik mengakui, Indonesia menghadapi persoalan besar, yakni permasalahan sampah. Volume sampah setiap hari terus bertambah. Oleh karenanya persoalan sampah adalah persoalan semua pihak.

Ilham menyatakan, ada satu upaya efektif yang bisa meminimalisir menangani persoalan sampah. Di antaranya, dibentuk bank sampah di setiap daerah. “Oleh karenanya pelatihan bank sampah sangat diperlukan. Intinya harus ada upaya penanganan sampah dengan memanfaatkan kembali dari sampah tersebut,” tuturnya.

Ilham juga menegaskan, bank sampah bisa membantu mengurangi tempat pembuangan sampah. Sehingga, lahan untuk pembuangan sampah bisa dikurangi. “Pemerintah sudah berupaya memasilitasi terkait masalah sampah begitupun dengan DPR-RI. Tinggal masyarakat bisa bahu-membahu membuat solusi persoalan sampah ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan dan Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang, Ayuh Hidayat, mengapresiasi kerjasama antara DPR, pemerintah pusat yang membantu dalam upaya penanganan sampah di daerah.

Terkait bank sampah, di Sumedang sendiri sudah banyak berdiri di desa-desa. “Kedepan mudah-mudahan keberadaan bank sampah bisa maksimal dimanfaatkan oleh warga,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR-RI Hj Denny Jaya Abri Yani SE MBA menuturkan, salah satu penanganan persoalan sampah adalah dengan dibentuknya bank sampah di setiap wilayah desa. Pengelolaan bank sampah bisa dilakukan siapapun. Dari bank sampah bisa mendapatkan output berbagai produk yang bisa bermanfaat seperti kompos.

“Seperti di Sumedang ini, merupakan wilayah pertanian. Jika bank sampah bisa dikelola bisa menghasilkan kompos yang bisa dimanfaatkan petani,” ujar Denny saat Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah Dalam Program Insfrastruktur Hijau Menuju Indonesia Bersih Sampah, Sabtu (8/12) di Asia Plaza. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed