oleh

Donor Darah Baik Bagi Tubuh

KOTA – Kepala Logistik PMI, Otoy Ruhiyat, menjelaskan, donor darah baik bagi kesehatan. Sebab, kata dia, melalui donor darah, akan membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan tubuh si pendonor.

“Ada beberapa manfaat dari donor darah. Terutama akan membantu dalam memperlancar peredaran darah. Selain itu juga, dengan mendonorkan darah akan menghindari dari serangan penyakit jantung. Dari sisi agama juga, dengan melakukan donor darah itu merupakan sebagian dari ibadah juga,” tutur Otoy kepada Sumedang Ekspres usai menggelar donor darah dengan Sumeks Bikers, belum lama ini.

Meski begitu, kata dia, masyarakat di Kabupaten Sumedang masih kurang mengerti akan manfaatnya dengan donor darah tersebut. Disini masih terbilang masyarakatnya kurang mengerti akan faedah dari donor darah.

“Ada sebagian yang merasa takut juga untuk mendonorkan darahnya. Padahal dengan melakukan donor darah, akan banyak manfaatnya terutama untuk diri sendiri,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Jalan Kutamaya, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Elpin Triyana menyampaikan, jika saat ini PMI Kabupaten Sumedang memang harus lebih diperhatikan. Dan ia juga berharap, PMI Kabupaten Sumedang dapat lebih intens lagi mensosialisasikan program donor darah tersebut.

“PMI Sumedang ini memang harus kita perhatikan, khususnya mengingat jika mereka kerap sering kekurangan stok darah di waktu-waktu tertentu seperti menjelang puasa dan selepas pergantian tahun. Perhatian itu kan bisa dalam bentuk apa saja, misalkan dalam bentuk kesadaran kita untuk aktif melakukan donor darah secara rutin. Dan masukan juga untuk PMI, mungkin dalam hal sosialisasi juga harus bisa dilakukan lebih aktif lagi, sehingga masyarakat juga akan lebih paham dengan manfaatnya,” terangnya.

Seperti diketahui, stok darah di PMI Kabupaten Sumedang sangat kurang. Bahkan sebagian masyarakat merasa prihatin. Padahal, beberpa bulan yang lalu, seperti yang diberitakan di sejumlah media, Presiden RI mengatakan jika donor darah merupakan tindakan kemanusiaan yang tidak ternilai serta merupakan penegasan akan arti penting persaudaraan,  solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama, juga meneguhkan kembali arti kesetiakawanan. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed