oleh

Besok Presiden Lewat Sini, Jalan Nasional di Cimalaka Masih Berlubang

CIMALAKA – Jalan nasional Cirebon Bandung antara Desa Cibeureum Wetan hingga Desa Mandalaherang Kecamatan Cimalaka banyak berlubang. Ruas jalan sepanjang kurang lebih 1,5 Km itu mempunyai lubang hampir di setiap titik. Diantaranya di depan Polsek Cimalaka, depan SPBU Cibeureum, depan SMK Keperawatan, pertigaan Mandalaherang hingga tikungan Cicelot.

Berdasarkan pantauan Sumedang Ekspres lubang-lubang tersebut bervariasi besar dan kedalamannya. Bahkan, kedalaman lubang ada yang mencapai antara 10 hingga 15 centimeter. Hal itu tentunya sangat berbahaya bagi kendaraan, terutama pengendara roda dua.

Seorang warga setempat, Asep Oma Abdullah mengatakan jalan paling parah berlubang dari arah Cirebon menuju Bandung. Sebaliknya, lanjut Oma, jalan yang menuju ke arah Cirebon meski berlubang tetapi tidak terlalu parah.

“Hal itu terjadi karena kendaraan-kendaraan besar yang menuju ke arah Bandung selalu bermuatan penuh. Bahkan, melebihi batas Muatan Sumbu Terberat (MST),” kata Oma ketika mulai pembicaraan dengan Sumedang Ekspres, kemarin.

Oma menambahkan MST yang dapat melintas di jalan nasional hanya 10 ton. Sementara itu, kendaraan-kendaraan yang lewat beratnya melebihi MST jalan nasional.

“Berat melebihi MST akan sangat cepat merusak jalan. Coba saja ditimbang kendaraan-kendaraan yang melintas,” tandasnya.
Selain itu, lanjut Oma, kualitas pekerjaan jalan juga patut dipertanyakan. Pasalnya, pada titik tertentu jalan sangat mudah bergelombang, berlubang hingga rusak. Sementara, jalan yang menuju kearah Bandung masih bagus. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed