oleh

Tak Dikunjungi, OTD Kecewa

DARMARAJA – Orang terkena dampak (OTD) kecewa tidak disambangi Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Waduk Jatigede, kemarin. Padahal, mereka berharap, kedatangan orang nomor satu di tanah air ini, bisa merasakan persoalan yang mereka alami.

“Saya mewakili warga OTD, bahwa kedatangan Pak Persiden yang terhormat, tidak memberi efek apapun bagi OTD, yang saat ini kelabakan di tempat tinggal baru,” ujar salah seorang tokoh masyarakat OTD, Hadi kepada Sumeks, kemarin.

Ia menilai, efektifnya prsiden yang kerap disapa Jokowi itu, terjun langsung menemui OTD. Sehingga, bisa melihat langsung kondisi OTD. “Yang dibutuhkan OTD saat ini, hanya sesuap nasi, bukan paparan lisan yang menjanjikan kesejahtraan. Seharusnya, saat ini pemerintah berpikir bagaimana agar OTD bisa lepas dari kemiskinan,” kata dia.

Pada dasarnya, saat ini warga tengah membutuhkan bantuan secepatnya. Tidak hanya sekadar janji, ia mengatakan, kedatangan Jokowi yang hanya melihat kondisi bendungan, tidak memuaskan untuk warga OTD. “Kita menangis di sini (ditempat tinggal baru, red), bukan di bendungan fisik Jatigede,” ketusnya.

Warga lainnya, Ade berharap, datangnya Persiden ke bendungan Jatigede, maka akan ada gambaran posistif untuk segera menyelesaikan persoalan yang masih dihadapi sebagain OTD.

“Sebagai warga, saya tidak banyak permintaan, hanya ingin Waduk Jatigede ini jadi waduk yang benar-benar membawa kesejahtraan buat rakyat banyak. Jangan ada yang disengsarakan,” kata dia.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Bendungan Waduk Jatigede, Jokowi menjanjikan penyelesaian ganti rugi atau pembebasan lahan bagi 614 Kepala Keluarga. “Kita akan selesaikan secepatnya, terkait ganti rugi yang belum terbayar,” kata dia.

Selain Waduk Jatigede, di seluruh Indonesia sudah dibangun beberapa waduk lagi. Itu sebut Presiden, bisa diselesaikan dengan baik, termasuk pembebasan lahannya, karena melakukannya dengan cara pendekatan yang baik. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed