oleh

IPDN Pangkas Ribuan Kuota Praja Baru

JATINANGOR – Pengetatan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), berdampak dipangkasnya kuota mahasiswa IPDN, Jatinangor. Biasanya, sekitar 2500 mahasiswa baru, maka di tahun ini penerimaannya dipangkas menjadi 750 mahasiswa.

“Biasanya, per tahun IPDN menerima mahasiswa sampai 2500 orang. Tahun ini, hanya sekitar 900-an. Belum lagi, aturan seleksi yang diterapkan IPDN menjadi sangat ketat. Bahkan, dari 900 menjadi 750 yang diterima,” ujar Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yudhy Crisnandi usai menghadiri upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Kampus IPDN Jatinangor, Kamis (17/3).

Tegas Yudi, pemangkasan ini pun berlaku bagi lembaga pendidikan lainnya di bawah naungan negara. “Tidak hanya di IPDN, di beberapa kampus yang berada di bawah lembaga pendidikan tinggi negara, ikut dipangkas. Ini untuk merasionalisasikan jumlah mahasiswa yang otomatis menjadi PNS,” kata Yudhi didampingi Rektor IPDN, Ermaya Suradinata.

Yudhi menambahkan, tak hanya di lingkungan pendidikan, di kabupaten/kota pun seleksi masuk menjadi CPNS ikut dipangkas. Yudhi mengatakan, pemangkasan bukan berarti pemerintah enggan menerima bibit-bibit baru untuk menjadi penerus abdi negara. Hanya saja, kata dia, anggaran untuk menggaji pegawai cukup membengkak.

“Ini sebagai arahan dari Presiden Joko Widodo untuk merasionalkan jumlah ASN. Dan kita sudah terapkan di beberapa lembaga pendidikan dan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota,” katanya.

Sementara itu, Rektor IPDN Ermaya Suradinata menambahkan, pemangkasan calon praja IPDN, memang sesuai arahan Menpan RB dan Kemendagri. Meskipun begitu, pihaknya memastikan kualitas pendidikan di IPDN dijamin semakin baik.

“Contohnya dari 900 jatah praja, kami hanya menerima 750 praja yang lolos. Kami tekankan seleksi yang ketat untuk menciptakan praja yang benar-benar terbaik. Bahkan, ada anak pejabat yang tidak lolos gara-gara ada nilainya yang kurang,” katanya.

Dari jumlah 750 yang diterima, kata Rektor, tahun ini tercatat ada 23 ribu pelamar untuk masuk IPDN. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed