21 Agenda Spektakuler Siap Ramaikan HUT RI

21 Agenda Spektakuler Siap Ramaikan HUT RI

IKUT RAMAIKAN: Salah satu kendaraan hias berbentuk buah ini meramaikan perayaan HUT RI tahun kemarin. (DOK.ASEP HERDIANA/JABAR EKSPRES)

PEWARTA: Asep Herdiana/Iman Nurman

SUMEDANG – Perayaan HUT RI ke-72 di Kabupaten Sumedang, dijamin akan meriah. Sebanyak 21 rangkain kegiatan akan digelar dalam satu bulan untuk memeriahkannya. Bahkan akan ada sejumlah kegiatan yang diperdiksi menyedot perhatian masyarakat luas. Diantaranya festival kuliner yang dikemas dengan modern dengan menggunakan food truck pada 25-27 Agustus mendatang.

Mobil-mobil yang sudah didesain sedemikian rupa, nantinya akan berjejer di kawasan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Sumedang dan menjajakan bermacam-macam makanan dan kuliner khas Sumedang. Ketua Panitia HUT RI ke-72 Kabupaten Sumedang Ramdan Ruhendi mengungkapkan, latar belakang digelarnya festival kuliner tersebut untuk lebih mengenalkan lagi makanan-makanan khas Sumedang yang beraneka ragam kepada masyarakat.

“Jadi di festival kuliner nanti itu dikemas menggunakan food truck, dan tentunya akan menjajakan bermacam-macam kuliner yang ada di Sumedang. Jadi masyarakat nanti bisa mengetahui, bahwa makanan khas di Sumedang bukan hanya tahu saja,” katanya, kemarin (31/7).

Selain itu, akan ada juga beberapa pameran ekonomi kreatif yang menampilkan produk-produk kerajinan khas Sumedang atau yang diproduksi di Sumedang. Ramdan mengungkapkan, produk kerajinan Sumedang, sudah diakui kualitasnya oleh masyarakat luar. Seperti senapan angin Cipacing, Batik Kasumedang, cinderamata yang dijual ke luar daerah dan juga lainnya.

“Untuk pameran ekraf, nanti akan dijajakan produk kerajian unggulan dari Sumedang. Ini bisa jadi sarana pemasaran dan memperluas jejaring pasar bagi produk Sumedang. Sebab nanti kami juga akan undang perusahaan perusahaan yang ada di luar daerah. Bahkan beberapa BUMN di Sumedang juga ada yang membina khusus UKM,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ramdan mengungkapkan untuk sektor budaya akan diadakan Festival Darmaraja atau Darmaraja Fest yang pergelarannya berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Rencananya akan dihelat di Alun-alun Darmaraja dan mengundang para tokoh budaya yang ada di tatar Sunda pada 18-19 Agustus mendatang.

“Dari sektor budaya juga ada. Jadi semunya komplit. Di Festival Darmaraja nanti akan ada pagelaran budaya, diskusi budaya dan pameran yang bertempat di Alun-alun Darmaraja dan dihadiri oleh tokoh budaya di Jawa Barat,” tuturnya seraya menyatakan ada juga festival mobil hias yang diikuti seluruh perusahaan yang ada di Sumedang. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.