oleh

211 ODP Berasal Dari Kecamatan Cimalaka, Ely: Karantina yang Baru Datang dari Luar Kota!!

SUMEDANGEKSPRES.COM – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang asal Fraksi PKS, Ely Walimah mengatakan ada sejumlah keresahan dari warga daerah pemilihannya terkait dengan melonjaknya jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) karena Virus Korona.

Hal itu terjadi pasca banyak warga yang kembali dari luar kota. Terutama dari daerah yang tinggi akan kasus penyebaran Virus Korona atau Covid – 19.

Keresahan tersebut, salah satunya datang dari masyarakat Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Dimana dari total sementara sekitar 1.833 ODP di Kabupaten Sumedang, 211 nya berasal dari Kecamatan Cimalaka yang terdiri dari 14 desa.

“Yang terdaftar adalah mereka yang melaporkan diri dan dilaporkan oleh keluarga ke puskesmas terdekat. Sementara yang kadang enggan dan malu itu masih banyak juga,” ujar Ely kepada Sumeks, Selasa (24/3).

Jangan sampai, lanjut Ely, dengan meningkatnya Prevelensi ODP, akan menjadi fenomena gunung es.

“Harusnya ini lebih tegas untuk karantina bagi pendatang. Jangan sampai menunggu Sumedang jadi zona merah tertinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Ely juga mengakui, melalui karantina akan menuai dampak sosial di wilayah tersebut. Akan tetapi jika dibiarkan, hal tersebut justru dapat menimbulkan masalah serius bagi Kabupaten Sumedang.

“Semua satuan gugus tugas sudah bekerja. Yang perlu dipikirkan setelah data ini, ada langkah selanjutnya apa. Bagaimana strategi isolasi dan penangannya. Karena sangat sulit mengendalikan orang yang mudik ke Sumedang atau yang datang ke Sumedang. Minimal data yang sudah ada ini ada Rencana Tindak Lanjut (RTL),” tuturnya. (bay)

Baca Juga  Bikin Kaget!! Seorang Warga Legok Kaler Dijemput Tim 119 Dinkes Sumedang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed