oleh

ICMI-MCKN Tanami Lahan Kosong Jatigede

SUMEDANG – Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dan Majlis Cendikiawan Keraton Nusantara (MCKN) Provinsi Jawa Barat, membidik kawasan sekitar Waduk Jatigede dengan penenaman pohon.

Ketua ICMI Orwil Jawa Barat, Prof. dr. Mhammad Najip menyebutkan, dalam hal ini pihaknya membidik wilayah di sekitar Waduk Jatigede, salah satunya kawasan Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja. Lokasi ini, merupakan desa penyangga daripada warga asal wilayah genangan.

Menurutnya, proyek Waduk Jatigede tentu banyak menghilangkan pohon yang ada. Dampaknya, akan terjadi pemanasan suhu udara dan mengurangi kelestarian alam. “Kita bidik kawasan Waduk Jatigede, karena kita tahu banyak pohon yang hilang pasca penggenangan waduk tersebut,” tuturnya.

Dalam hal ini, pihaknya menargetkan akan menanam 500 pohon buah-buahan di sekitar waduk. Namun dalam waktu dekat ini, akan ditanam sekitar 300 pohon. “Saat ini kita simbolis dulu tanam 20 pohon, selanjutnya 300 pohon akan dibagikan kepada warga, tapi target kita 500 pohon,” ujarnya.

Dia menilai, pohon itu salahsatu sumber kehidupan dan pohon juga sangat berpengaruh terhadap pencegahan bencana alam. “Kita tentu harus melestarikan alam dengan menanam pohon,” katanya.

Sementara itu, Ketua MCKN Provinsi Jawa Barat, NR. Rulany Indra Gartika Rusady Wirahaditenaya (Bunda Ully Sigar) menyebutkan, penanaman pohon merupakan salahsatu bentuk kepeduliannya terhadap alam.

“Kalau masalah menanam pohon, saya akan selalu memprioritaskan meski sebenarnya saat ini ada hal penting yang harus diurus. Tapi karena ada undangan untuk penanaman pohon, akhirnya saya memilih pergi untuk menanam pohon di Tarunajaya ini,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed