oleh

Jaling Timur Diyakini Dongkrak Ekonomi Warga

SUMEDANG – Adanya jalan tembusan dari Jalan Lingkar (Jaling) Timur Waduk Jatigede ke akses jalan kabupaten yang ada di Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal, merupakan satu keuntungan bagi masyarakat desa tersebut.

Seperti dikatakan Sekretaris Desa (Sekdes) Sukamanah, Aman Kahpi Permana. Adanya Jaling Timur yang merupakan jalan kompensasi dari proyek Waduk Jatigede itu, sudah pasti akses jalan kabupaten yang ada di desanya, akan dijadikan akses jalan alternatif untuk menuju wilayah Kabupaten Majalengka oleh pengguna jalan.

“Jalan ini merupakan salahsatu jalur alternatif untuk menempuh jarak Sumedang-Majalengka. Jadi diprediksi kondisi jalan tersebut akan ramai oleh pengguna jalan,” katanya, kemarin (5/1).

Dengan begitu, kondisi itu bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, untuk membuka peluang usaha di sepanjang pinggiran Jaling Timur. “Kalau jalanannya ramai oleh pengguna jalan, kita bisa memanfaatkannya untuk merauk untung,” tuturnya.

Oleh sebab itu, masyarakat dituntut kreatif dalam mengelola potensi yang ada, seperti halnya gula aren. Produk unggulan tersebut, bisa dikembangkan dengan membuat olahan lain yang bisa menarik minat konsumen. “Kalau kreatif dengan bahan baku gula aren saja, bisa tercipta sebuah produksi makanan yang bikin konsumen melirik,” ucapnya.

Dikatakan sekdes, warga harus mulai dari sekarang mengasah mental usaha dan meningkatkan daya kreatif masyarakat dalam mengolah produk unggulan. “Kalau mental usaha, harus diasah dari sejak dini,” katanya, seraya menyayangkan, saat ini untuk akses jalan kabupaten itu, kondisinya dalam keadaan rusak parah. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed