oleh

Cieunteung Genjot Pembangunan Irigasi dan Rutilahu

SUMEDANG – Pemerintah Desa Cieunteung Kecamatan Darmaraja, membidik penataan saluran irigasi dan perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu). Maka, Dana Desa tahap tiga di tahun 2019 itu, telah direalisasikan untuk menunjang kesejahtraan para petani melalui perbaikan saluran irigasi.

Kades Cieunteung, Agus Suganda menyebutkan, untuk tahap tiga DD yang masuk ke Desa Cieunteng di Tahun 2019, sudah terealisasi untuk berbagai macam pembangunan, terutama untuk penunjang wilayah pertanian.

“Untuk Dana Desa tahap tiga di Tahun 2019, alhamdulilah kita sudah realisasikan untuk berbagai pembangunan terutama fasilitas wilayah pertanian, yaitu saluran irigasi dan TPT,” kata dia.

Dalam hal ini, pemerintah desa tersebut akan terus meningkatkan kondisi sarana prasarana yang menunjang terhadap perekonomian masyarakat. Menurutnya, saluran irigasi, menjadi salahsatu sarana prasarana yang akan menunjang terhadap perekonomian para petani. “Kalau saluran irigasinya sudah bagus maka aliran air pun akan lancar dan mepermudah para petani untuk mengolah sawahnya,” ujarnya.

Selain itu, tertatanya saluran irigasi yang melintasi pemukiman, juga akan mengurangi kekumuhan lingkungan dan mengurangi genangan air pada saluran irigasi tersebut. “Selain bermanfaat untuk petani, lingkungan juga tidak akan nampak kumuh dan mengurangi resiko kesehatan yang disebabkan genangan air, karena lantai irigasinya juga ditembok,” ujarnya.

Tak hanya itu, dari Dana Desa tersebut, dianggarkan juga untuk membantu perehaban rumah tidak layak huni untuk satu rumah. “Kita juga perbaiki rumah tidak layak huni untuk satu warga miskin,” tukasnya. (eri/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed