oleh

IWO – KPU Sumedang Siap Berkolaborasi Mengawal Demokrasi

SUMEDANGEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang melakukan kunjungan ke Kantor Sekretariat Ikatan Wartawan Online (IWO) yang berada di Jalan Pangeran Kornel, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu (29/1).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi yang didampingi oleh empat komisioner lainnya beserta staf disambut langsung oleh Sekretaris IWO Sumedang Rauf Nuryama dengan jajaran anggotanya.

Pada kesempatan tersebut, Ogi menyampaikan sejumlah rangkaian kerja KPU Sumedang pasca melaksanakan pemilihan presiden dan legislatif yang diselenggarakan pada Juni 2019 lalu.

“Ada pernyataan dari masyarakat jika kami itu makan gaji buta, kami tidak membantahnya. Karena masyarakat sendiri tidak tahu apa yang kami kerjakan pasca pemilu kemarin,” ujarnya.

Ogi menyampaikan, hingga saat ini KPU masih melakukan serangkai aktifitas pekerjaan. Diantaranya yang berkaitan dengan perwujudan demokrasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Sumedang.

“Paska pemilu kemarin, KPU tidak lagi menjadi pusat informasi bagi media. Jadi wajar masyarakat tidak mengetahui apa saja yang dikerjakan KPU saat ini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ogi, pihaknya juga masih terus melakukan koordinasi dengan pihak internal maupun eksternal. Dengan tujuan untuk memberikan pendidikan terhadap pemilih secara berkelanjutan.

“Artinya, pendidikan pemilihan tidak hanya dilakukan 6 bulan mendekati pemilihan saja, atau masa sosialisasi saja. Tapi paska itu juga pendidikan pemilih harus dilakukan,” terangnya.

Selain itu, KPU juga turut menyampaikan evaluasi terkait penyelenggaraan pemilu 2019 lalu. Salah satunya tentang peran media dalam menyampaikan informasi seputar pemilu.

“Kami mengapresiasi kinerja seluruh media yang ada di Sumedang. Salah satunya media online yang begitu cepat dalam menyampaikan informasi, sehingga saat ada hal yang bersifat sensitif, kami bisa cepat mengevaluasi untuk mengambil keputusan,” terangnya.

Oleh sebab itu, media yang merupakan pilar ke empat demokrasi, diharapkan terus memberikan informasi dan berita yang kredible, bukan hanya sebuah narasi yang berbentuk seperti laporan.

“Saya, selain membaca media cetak setiap pagi, saya pasti buka juga berita online. Berita yang dihasilkan rekan-rekan IWO Sumedang menjadi referensi bagi Kami. Ini menarik, walaupun dengan informasi yang sama, rekan-rekan memberikan lead yang berbeda satu sama lain, saya suka itu,” ungkap Ogi.

Sementara itu, Sekretaris IWO Sumedang Rauf Nuryama menambahkan, kedatangan KPU Sumedang menjadi tamu pertama sejak pindahnya kantor sekretariat dari tempat sebelumnya yang berada di jalan Kebon Kol No. 45 Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan.

“Sebuah kehormatan bagi kami telah dikunjungi oleh mitra kerja dari KPU Sumedang. Dan ini merupakan kunjungan perdana di kantor baru kami,” katanya.

Rauf juga menambahkan, IWO Sumedang akan tetap konsisten untuk berkolaborasi dengan KPU dalam memberikan pendidikan politik terhadap seluruh lapisan masyarakat.

“Kami siap untuk bekerjasama dengan KPU dalam mengawal demokrasi dan memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat. Sehingga, harapanya pragmatisme di Kabupaten Sumedang ini dapat terkikis habis,” tuturnya. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed