oleh

246 Warga Desa Hegarmanah Terima BLT dari Kemensos

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sebanyak 246 warga Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor yang terdampak Covid-19, mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) bertempat di Aula Desa Hegarmanah, Kamis (21/5).

Pjs Kepala Desa Hegarmanah Agus Sobarna mengatakan, bantuan sosial dari Kemensos itu sebesar Rp 600.000 per orang.

“Bantuan ini merupakan yang pertama kali cair dan akan berlansung tiga kali pencairan, Mei, Juni dan Juli dengan nilai yang sama,” katanya.

Pihak desa, lanjut Agus, hanya memfasilitasi. Sebab yang menentukan siapa penerima, adalah Kemensos langsung melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan DTKS dan Non DTKS. Termasuk penyalurannya pun diberikan langsung oleh petugas pos ke penerima manfaat.

Tak hanya BLT dari Kemensos, pihak desa juga akan menyalurkan BLT dengan nilai yang sama dari Dana Desa. Dengan ketentuan, warga terdampak Covid-19 (kurang mampu) yang tidak terdata bantuan manapun.

Selama korona, lanjut Agus, warga Desa Hegarmanah menerima bantuan dari Pemda Sumedang uang Rp 500 ribu sebanyak 129 orang, bantuan sapa warga dari Provinsi ada 132 orang dan Dana Desa ada 145 orang.

“Semoga bantuan ini sedikit membantu masyarakat dalam pandemi Covid-19 ini. Dan tolong BLT DD tersebut dibelanjakan di Warung-warung atau toko tetangga lingkungan masing-masing untuk membantu mereka juga yang selama masa pandemi covid 19 mengalami penurunan usahanya,” ujarnya.

Pjs kades menambahkan, karena saat ini bertepatan dengan bulan suci ramadan, ada kewajiban zakat fitrah. Oleh karena itu penerima manfaat agar membayar fitrah dari bantuan BLT dana desa, sehinga dapat membantu saudara-saudara kita yang berhak mendapatkannya.

“Walaupun BLT DD hanya diperuntukkan bagi 145 KK, tapi kalau melakukan hal-hal diatas lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaatnya,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed