oleh

Munggahan, PSBB Hari Kedua Terjadi Peningkatan

CIMANGGUNG – Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hari kedua di Kecamatan Cimanggung, jumlah kerumunan warga semakin bertambah. Pasalnya, hari itu bertepatan dengan munggahan (mapag bulan suci Ramadan, red) sehingga aktivitas warga untuk berbelanja kebutuhan pokok ke pasar meningkat.

Petugas Gugus Tugas Covid-19, Hendra Komara mengatakan para pelanggar masih ada seperti satu motor berboncengan dan tidak memakai masker.

“Yang tidak pake masker kita suruh pulang lagi. Yang berboncengan kita data apakah satu alamat atau warga luar. Kalau warga luar, maka akan dicek kesehatannya dan disemprot cairan disinfektan,” katanya kepada Sumeks, Kamis (23/4).

Menurut Hendra, dibanding pelaksanaan PSBB hari pertama, hari kedua tingkat aktivitas warga semakin bertambah. Itu karena warga berburu kebutuhan puasa untuk makan sahur nanti.

“Kalau tradisi munggahan ya, biasa makan ketupat di pasar, belanja kebutuhan pokok dan keperluan lain. Jadi sulit dicegah juga,” katanya.

Tak hanya kendaraan roda dua, pantauan Sumeks di lapangan roda empat dan truk pun hilir mudik di Jalan Raya Simpang-Parakanmuncang, sekitar jam 10.00. Bahkan, diprediksi jumlahnya akan meningkat pada sore hari.

“Kalau surat edaran teraweh memang sudah ada dari MUI dan Bupati, untuk tidak melaksanakan solat teraweh berjamaah di masjid. Jadi, kalau ada ya dihimbau untuk bubar,” katanya.

Kasatpol PP Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto mengatakan, sesuai intruksi bupati, kerumunan warga dan aktivitas keagamaan yang mengundang banyak orang, termasuk teraweh keliling. Bahkan, Satpol PP akan membubarkan kerumunan warga di jalan raya dan tempat umum lainnya.

“Kita tindak tegas warga yang tidak patuh aturan pemerintah, penggunaan masker wajib, gak ada alasan apapun. Kemudian, toko toko yang buka diluar jam aturan, kita tutup paksa dan jika perlu disegel sementara,” tandasnya. (imn)

IMAN NURMAN/SUMEKS
DICEK KESEHATAN: Pengemudi yang melintas ke Kecamatan Cimanggung dicek kesehatan dan disemprot Disinfektan dihari kedua PSBB.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed