oleh

Pilkades Serentak Tunggu Regulasi

SUMEDANGEKSPRES.COM – Merebaknya pandemi Corona Virus Disease (covid-19) berdampak luas terhadap seluruh asfek kehidupan manusia, termasuk asfek sosial di masyarakat. Salah satu contoh dampak dari adanya penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) itu adalah proses tahapan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Sumedang.

Karena adanya penyakit tersebut proses tahapan Pilkades harus ditunda sampai batas waktu yang ditentukan.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Cileles Kecamatan Jatinangor, Surdi Sudiana menyatakan bahwa dengan adanya Surat Edaran Bupati Sumedang Nomor : 443/1955/Um tanggal 22 Maret 2020 perihal : Penundaan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2020 maka seluruh tahapan Pilkades di Desa Cileles sampai saat ini masih ditunda, dan belum dilanjutkan.

Ketika ditanya mengenai kapan tahapan Pilkades di Desa Cileles dilanjutkan, dirinya menyatakan bahwa masih menunggu regulasi, petunjuk dan arahan lebih lanjut.
“Mengenai kapan dilanjutkan lagi, kami sendiri belum tahu, kami menunggun regulasi dan petunjuk lebih lanjut” katanya.

Surdi menyampaikan bahwa selain penentuan waktu untuk melanjutkan tahapan Pilkades selanjutnya seperti kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, Ia berharap Pemda Sumedang juga menerbitkan petunjuk yang jelas mengenai hal-hal lain seperti; batas tanggal untuk menentukan usia masyarakat yang berhak dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), SOP pada pelaksanaan kampanye dan hari pemungutan dan penghitungan suara.

“Karena pada kampanye dan hari pemungutan suara berpotensi akan terjadi berkumpulnya masyarakat dalam jumlah yang cukup banyak, maka perlu ada petunjuk atau SOP yang jelas. Apakah kampanye hanya melalui Media Alat Bantu Kampanye saja, tanpa mengumpulkan massa? Bagaimana dengan pengaturan pemungutan suara? Kami berharap Pemda menerbitkan petunjuk yang jelas” Imbuhnya.

Disinggung mengenai waktu kerja yang menjadi lebih panjang, Surdi menyatakan bahwa hanya bisa pasrah saja karena mungkin ini yang terbaik. Bahkan Panitia yang seharusnya tugasnya sudah selesai, tapi sampai saat ini masih menggantung, belum jelas kesejahteraannya seperti apa.

“Ya gimana lagi. Mudah-mudahan saja Pemda memperhatikan juga kesehateraan Panitia Pilkades dengan adanya perpanjangan masa tugas ini,” pungkasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed