oleh

Batal Beroperasi, Pasar Desa Terhambat Korona

SUMEDANGEKSPRES.COM – Pasar Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal, batal dioprasikan tahun ini akibat terkendala pandemi covid-19. Meski pasar desa tersebut belum selesai 100 persen, tapi kontruksi bangunannya sudah cukup layak dioprasikan.

Rencananya, akhir tahun ini pasar tersebut mulai dioprasikan. Namun dengan adanya pandemi virus tersebut, peresmian pasar tradisional itu terpaksa harus di-cancel.

“Awalnya sih, rencana tahun ini harus sudah mulai dioprasikan. Tapi karena adanya pandemi virus korona, nampaknya harus digeser ke tahun depan,” kata Sekdes Desa Sukamanah, Aman Kahfi Permana.

Dikatakan, selain kendala pandemi virus tersebut, peresmian pasar desa itu juga menunggu kepala desa definitif. Semetara pilkades yang seharusnya dilakukan pada 8 April lalu, ikut itunda sampai kondisi pandemi virus ini usai. “Peresmian pasar, akan lebih apdol kalau diresmikan setelah kepala desanya definitif,” ujarnya.

Baca juga :

Telah Hadir Arena Bermain Anak Terlengkap di Pasar Sumedang Kota

Lebih jauhnya, pihak desa berencana menjadikan pasar tersebut sebagai bagian dari sektor usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Nantinya pasar tersebut dikelola Bumdes. Bahkan bangunan pasar bagian lantai dua akan dijadikan usaha Bumdes, seperti caffe dan jualan produk yang dihasilkan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, sudah sekitar 50 persen kios yang sudah dipesan untuk dikontrak. Hanya saja, warga pribumi masih minim peminat. Padahal pemerintah desa tersebut akan memprioritaskan pelaku usaha dari wilayah setempat. “Sementara yang sudah pesan, kebanyakan dari kabupaten tetangga. Kami berharap ada pelaku usaha dari pribumi yang berjualan di pasar ini,” harapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed