oleh

Kampung Tohaga Mampu Hadapi Pandemi

Tangguh dalam Ketahanan Pangan

SUMEDANGEKSPRES.COM – Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, menjadi proyek percontohan desa tangguh dalam ketahanan pangan saat pandemi covid-19 di Kabupaten Sumedang. Wilayah itu, diberi nama Kampung Tohaga Lodaya, lantaran yang paling siap untuk mandiri dalam menghadapi kondisi pandemi ini.

Di desa ini, berbagai sarana seperti lumbung padi, dapur umum dan tempat isolasi mandiri tersedia. Kemudian kelompok perikanan, kelompok pertanian, kelompok ibu kreatif bisa berdaya meski dalam masa pandemi.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir yang hadir pada acara itu, mengapresiasi Pemerintah Desa Linggajaya yang siap dalam segala hal, terutama penyediaan pangan bagi masyarakat.

Baca juga :

Peduli Hutan, Pengusaha Kayu Sebar Bibit Pohon

“Kondisi ini ada sebelum pandemi. Ini harus jadi contoh buat desa lainnya. Sehingga meski ada pandemi, masyarakat dijamin aman pangan. Mudah-mudahan ketika tak ada bansos pun bisa mandiri,” ujar Dony, kemarin (17/6).

Kata Bupati, Pemkab Sumedang akan mendorong desa lain agar dapat mencontoh Desa Linggajaya untuk membentuk desa tangguh dan mandiri dalam menghadapi pandemi. “Ini jadi proyek percontohan di Kabupaten Sumedang. Jika berhasil akan diterapkan pada desa lainnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, bupati secara simbolis meberi bantuan berupa 100.000 benih ikan dan dari sektor pertanian berupa beras sebanyak 1.6 ton. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed