oleh

SMK Bhakti Nusantara Juara Nasional Blue Core Video Competition Yamaha

SUMEDANGEKSPRES.COM – Meski dalam kondisi pandemik covid 19, tak henti-hentinya raihan prestasi ditorehkan putra putri Sumedang. Kali ini, siswa SMK Bhakti Nusantara Sumedang, dinobatkan sebagai juara pertama tingkat nasional “Blue Core Video Competition” yang digelar produsen motor ternama, Yamaha.

Atas prestasinya ini, tim dari siswa SMK Bhakti Nusantara berhak mendapatkan hadiah berupa sepeda motor Yamaha Mio S dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. Penyerahan hadiah, langsung diberikan oleh perwakilan penyelenggara dari Yamaha Direct Distribution System (DDS) 2 Jawa Barat.

Perwakilan Yamaha DDS 2 Jawa Barat Dodi mengatakan, kompetisi ini diikuti lebih dari seribu peserta di tanah air. Mereka merupakan pelajar dari SMK yang telah bekerja sama dengan Yamaha Indonesia Manufacture.

“Jadi lomba ini merupakan ajang kreativitas pelajar SMK dalam bentuk visualisasi video kaitan dengan teknologi Yamaha terbarukan yakni blue core,” ujar Dodi ketika diwawancara Sumeks di SMK Bhakti Nusantara, Jalan Angkrek, Kabupaten Sumedang.

Baca juga : Yamaha WR155R Telah Hadir di Jaya Perkasa Motor Sumedang

Dia mengatakan, ada sekitar seribu video yang dikirimkan para pelajar SMK di Indonesia. Dan yang luar biasa, kata Dodi, juara satu, dua dan tiga, berasal dari SMK di Jawa Barat. Juara 1 SMK Bhakti Nusantara Sumedang, juara 2 SMK PGRI Ciawi gebang Kuningan dan Jara 3 SMKN 1 Rancah Ciamis.

Dalam kedatangannya ke SMK, Dodi juga mengapresiasi Bhakti Nusantara. Sebab di Jawa Barat, sekolah tersebut masuk dalam lima besar great A. “SMK Baknus, perkembangan cukup bagus. Kompetisi siswa juga bagus. Di luar teknikal juga bersaing. Sekali lagi, selamat untuk SMK Bhakti Nusantara,” ujar Dodi.

Sementara itu, Kepala SMK Bhakti Nusantara H Jajang Suharnadi SE MPd mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak anak didiknya ini. Dia juga berterima kasih kepada PT Yamaha Indonesia Manufacture atas pelaksanaan lomba tersebut, sehingga memotivasi para pelajar SMK untuk terus berkreasi dan berinovasi.

“Alhamdulillah, siswa siswa kami berhasil menjadi juara di tingkat nasional. Semoga ini semakin memotivasi para pelajar lain, khususnya nanti para siswa baru yang akan mengenyam pendidikan di sekolah kami,” tutur Jajang.

Jajang mengatakan, lomba ini dilaksanakan pada periode Agustus-Oktober 2019. Setelah melalui tahapan penilaian di tingkat regional atau provinsi, sekolahnya pun beranjak ke tingkat nasional dan menyabet juara pertama.

“Dan di 2020 ini, kita dinobatkan sebagai juaranya. Tentunya menjadi suatu kebanggaan, terlebih prestasi ini kita raih di tengah tengah masa Covid sekarang. Setidaknya, akan terus memotivasi siswa meski dalam kondisi ini,” tutur Jajang.

Di luar kegiatan lomba tersebut, kata Jajang, jalinan kerja sama dengan Yamaha sudah terjalin dengan baik. Siswa-siswa SMK Bhaknus juga mendapat arahan dan transfer ilmu secara langsung dari ahlinya.

Sementara itu, Pengawas SMK Cabang Pendidikan Wilayah 8 Disdik Jabar Rahman Hidayat MPd mengapresiasi prestasi yang diraih siswa-siswa SMK Bhakti Nusantara. Namun, kata dia, bukan hanya hadiah yang menjadi tujuan utama, melainkan prestasi dan kreativitas yang harus selalu dikedepankan.

“Alhamdulillah SMK binaan kami bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Ini juga membuktikan, pelajar di Kabupaten Sumedang memiliki potensi yang luar biasa. Terlebih, di era kurikulum 2013 ini, dunia pendidikan itu bukan hanya sekedar menuntut ilmu, melainkan mengeksplorasi potensi para pelajarnya. Dan ini sudah ditunjukkan oleh SMK Bhakti Nusantara,” tutup Rahman. (ahm/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed