oleh

Penebangan Pohon Tua Berjalan Dramatis, Timpa Tiga Petugas

SUMEDANGEKSPRES.COM – Penebangan pohon tua di Dusun Munggang RT 01 RW 07 Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor pada Jumat (19/6) pagi, berlangsung dramatis.

Besarnya batang pohon dan arus lalu lintas yang padat, membuat petugas dari BPBD Kabupaten Sumedang dan aparat TNI/Polri harus cepat membereskan bekas puing puing reruntuhan.

Naas, saat penebangan ranting pertama, dua petugas BPBD dan satu petugas lainnya terkena bantingan pohon.

Petugas BPBD yang juga relawan Jercy Jatinangor Dedeng Saepurohman harus mendapatkan perawatan medis dari Puskesmas Jatinangor, karena luka dibagian kedua kaki dan kepala. Sementara petugas lainnya harus discan ke RS, karena kepalanya sedikit luka.

“Kejadian bermula saat ranting pohon yang besar tersangkut, kemudian para pekerja menarik ranting dari bawah. Tak tahunya ranting berukuran pinggang orang dewasa itu terpelanting dan membanting semua orang yang berada di bawah,” kata Ketua RW 08, Wawan Kandar yang berada di lokasi kejadian.

Menurut Wawan, pohon tua itu sudah berumur 35 tahunan. Sejak ada penanaman pohon dari BKSDA di pinggir Jalan Raya Bandung Garut, sampai saat ini pohon jenis Angsa itu lapuk dan membahayakan pengguna jalan.

“Sebelum ditebang, karena kondisi dahan sudah keropos, menimpa pejalan kaki seorang karyawan Kahatex. Kemudian, satu sepeda motor tertimpa. Ya sudah dua kali menimpa pejalan kaki,” katanya.

Pemilik rumah dan warga sekitar, meminta aparat desa dan BPBD untuk menebang pohon yang sudah keropos itu, karena membahayakan.

Baca juga : Seorang Pengendara Motor Tergeletak Tewas di Samping Parit

Apalagi, jika hujan turun dan angin kencang potensi roboh sangat besar.

“Mungkin karena sudah tua jadi membahayakan, pohon berukuran perut sapi tersebut memang sudah lama keropos,” ujarnya.

Sementara itu, penebangan pohon yang berada di Jalan Raya Bandung Garut itu berlangsung sekitar lima jam. Saat itu, arus lalu lintas sedang ramai.

Kendaraan terpaksa dipersempit demi menghindari jatuhnya pohon ke pengendara. Aparat kepolisian dan TNI dari Koramil Jatinangor disiagakan mengamankan arus lalu lintas.

BPBD Kabupaten Sumedang, dibantu warga yang menjadi eksekutor penebangan pohon berumur 35 tahun tersebut.

“Ya, kami sangat berterima kasih sekali kepada pihak BPBD dan aparat TNI Polri yang telah membantu menebang pohon itu. Kami juga turut berduka atas insiden kecelakaan kepada tiga orang, dua petugas BPBD dan satu lainnya. Semoga semuanya cepat pulih kembali,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed